Selamat datang di blog KJB! Selamat Anda telah mendapat peunjuk dari Tuhan sehingga diarahkan menuju webblog ini, Anda orang yang terpilih

Klik to Chat Admin

Sunday, June 10, 2018

SEJARAH SINGKAT TENTANG MITOS


Daftar Isi:
  1. Apa itu Mitos?
  2. Periode Palaeolithic: Mitholog Para Pemburu (20000 - 8000 SM)
  3. Periode Neolithic: Mitologi Pertanian (8000 - 4000 SM)
  4. Peradaban Awal (4000 - 800 SM)
  5. Era Poros  (800 - 200 SM)
  6. Period Pasca-Poros(200 SM - 1500 M)
  7. Transformasi Besar di Barat ( 1500 - 2000 M)
 References 

1. Apa itu Mitos?Manusia selalu menjadi mitos. Para arkeolog telah menemukanMakam Neanderthal yang berisi senjata, peralatan dan tulang dari hewan yang dikorbankan, yang semuanya menunjukkan semacam kepercayaan di dunia masa depan yang mirip dengan mereka sendiri. Orang-orang Neanderthal mungkin saling bercerita tentang kehidupan yang sekarang dinikmati oleh rekan mereka yang telah mati itu. Mereka pasti mencerminkan tentang kematian dengan cara yang tidak dimiliki makhluk-makhluk mereka. Hewan-hewan saling menonton mati, tetapi, sejauh yang kami tahu, mereka tidak memberikan pertimbangan lebih lanjut. Tetapi makam Neanderthal menunjukkan bahwa ketika orang-orang awal ini sadar akan kefanaan mereka, mereka menciptakan semacam kontra-narasi yang memungkinkan mereka untuk mengatasinya. Orang-orang Neandertal yang menguburkan rekan mereka dengan perhatian seperti itu tampaknya memilikinya membayangkan bahwa dunia material yang terlihat bukanlah satu-satunya kenyataan. Sejak tanggal yang sangat awal, oleh karena itu, tampak bahwa manusia dibedakan oleh kemampuan mereka untuk memiliki ide-ide yang melampaui pengalaman sehari-hari mereka. 

Kami adalah makhluk yang mencari arti. Anjing, sejauh yang kita tahu, tidak menyiksa kondisi kaninus, khawatir tentang penderitaan anjing di bagian lain dunia, atau mencoba melihat kehidupan mereka dari sudut pandang yang berbeda. Tetapi manusia mudah jatuh ke dalam keputusasaan, dan sejak awal kami menemukan kisah-kisah yang memungkinkan kita untuk menempatkan hidup kita di lingkungan yang lebih besar, yang mengungkapkan pola dasar, dan memberi kita perasaan bahwa, terhadap semua bukti yang menyedihkan dan kacau kepada sebaliknya, kehidupan memiliki makna dan nilai.

Ciri khas lain dari pikiran manusia adalah kemampuannya untuk memiliki gagasan dan pengalaman yang tidak dapat kami jelaskan secara rasional. Kita memiliki imajinasi, suatu kemampuan yang memungkinkan kita untuk memikirkan sesuatu yang tidak segera hadir, dan bahwa, ketika kita pertama kali memahaminya, tidak memiliki keberadaan obyektif. Imajinasi adalah fakultas yang menghasilkan agama dan mitologi. Saat ini pemikiran mitos telah jatuh ke dalam keburukan; kita sering menganggapnya irasional dan egois. Tetapi imajinasi adalah jugafakultas yang telah memungkinkan para ilmuwan untuk membawa pengetahuan baru ke cahaya dan untuk menciptakan teknologi yang telah membuat kita tak terkira lebih efektif. Imajinasi para ilmuwan telah memungkinkan kita untuk melakukan perjalanan melalui angkasa luar dan berjalan di bulan, prestasi yang dulunya hanya mungkin di alam mitos. Mitologi dan sains memperluas jangkauan manusia. Seperti sains dan teknologi, mitologi, seperti yang akan kita lihat, bukan tentang memilih keluar dari dunia ini, tetapi tentang memungkinkan kita untuk hidup lebih intens di dalamnya.

Makam Neanderthal memberi kita lima hal penting tentang mitos. Pertama, hampir selalu berakar pada pengalaman kematian dan ketakutan akan kepunahan. Kedua, tulang-tulang binatang menunjukkan bahwa penguburan itu disertai dengan pengorbanan. Mitologi biasanya tidak dapat dipisahkan dari ritual. Banyak mitos yang tidak masuk akal di luar drama liturgi yang menghidupkan mereka, dan tidak dapat dipahami dalam lingkungan yang profan. Ketiga, mitos Neanderthal dalam beberapa cara diingat di samping kuburan, pada batas kehidupan manusia. Mitos yang paling kuat adalah tentang ekstremitas; mereka memaksa kita untuk melampaui pengalaman kita. Ada saat-saat ketika kita semua, dalam satu atau lain cara, harus pergi ke tempat yang belum pernah kita lihat, dan melakukan apa yang belum pernah kita lakukan sebelumnya. Mitos adalah tentang yang tidak diketahui; itu adalah tentang hal itu yang awalnya kami tidak memiliki kata-kata. Oleh karena itu Mitos melihat ke dalam hati keheningan yang luar biasa. Keempat, mitos bukanlah cerita yang diceritakan untuk kepentingannya sendiri. Ini menunjukkan kepada kita bagaimana seharusnya kita bersikap. Di kuburan Neanderthal, mayat kadang-kadang ditempatkan dalam posisi janin, seolah-olah untukkelahiran kembali: almarhum harus mengambil langkah berikutnya sendiri. Dimengerti dengan benar, mitologi menempatkan kita dalam postur spiritual atau psikologis yang benar untuk tindakan yang benar, di dunia ini atau yang berikutnya.   

Akhirnya, semua mitologi berbicara tentang pesawat lain yang ada di samping dunia kita sendiri, dan dalam beberapa hal mendukungnya. Kepercayaan pada realitas yang tidak terlihat tetapi lebih kuat ini, kadang-kadang disebut dunia para dewa, adalah tema dasar mitologi. Ini telah disebut 'filsafat abadi' karena itu menginformasikan mitologi, ritual dan organisasi sosial semua masyarakat sebelum munculnya modernitas ilmiah kita, dan terus mempengaruhi masyarakat yang lebih tradisional saat ini.
Menurut filsafat abadi, segala sesuatu yang terjadi di dunia ini, segala sesuatu yang dapat kita dengar dan lihat di sini di bawah ini memiliki padanannya dalam alam ilahi, yang lebih kaya, lebih kuat dan lebih langgeng daripada milik kita sendiri.1 Dan setiap kenyataan duniawi hanyalah sebuah bayangan pucat dari arketipenya, pola aslinya, yang hanya merupakan salinan yang tidak sempurna. Hanya dengan berpartisipasi dalam kehidupan ilahi inilah manusia yang fana dan rapuh memenuhi potensinya.
Mitos-mitos tersebut memberikan bentuk dan bentuk yang jelas kepada suatu realitas yang dirasakan orang secara intuitif.
Mereka mengatakan kepada mereka bagaimana para dewa berperilaku, bukan karena keingintahuan atau karena dongeng-dongeng itu menghibur, tetapi untuk memungkinkan pria dan wanita meniru makhluk-makhluk kuat ini dan mengalami keilahian sendiri.


Dalam budaya ilmiah kita, kita sering memiliki pengertian yang agak sederhana tentang yang ilahi. Di dunia kuno, 'dewa' jarang dianggap sebagai makhluk gaib dengan kepribadian yang berbeda-beda, yang hidup dalam keberadaan metafisika yang benar-benar terpisah. Mitologi bukan tentang teologi, dalam pengertian modern, tetapi tentang pengalaman manusia.

Orang-orang berpikir bahwa dewa, manusia, hewan dan alam terikat erat bersama-sama, tunduk pada hukum yang sama, dan terdiri dari substansi ilahi yang sama. Awalnya tidak ada jurang ontologis antara dunia para dewa dan dunia pria dan wanita.

Ketika orang berbicara tentang yang ilahi, mereka biasanya berbicara tentang aspek keduniawian. Keberadaan para dewa tidak dapat dipisahkan dari badai, laut, sungai, atau dari emosi manusia yang kuat - cinta, kemarahan atau hasrat seksual - yang tampak sesaat untuk mengangkat pria dan wanita ke alam eksistensi yang berbeda sehingga mereka melihat dunia dengan mata baru.


Mitologi karenanya dirancang untuk membantu kita mengatasi masalah manusia yang bermasalah. Ini membantu orang menemukan tempat mereka di dunia dan orientasi sejati mereka. Kita semua ingin tahu dari mana kita berasal, tetapi karena awal awal kita hilang dalam kabut prasejarah, kita telah menciptakan mitos tentang leluhur kita yang tidak historis tetapi membantu menjelaskan sikap saat ini tentang lingkungan kita, tetangga dan adat istiadat.
Kami juga ingin tahu ke mana kami akan pergi, jadi kami telah menemukan cerita yang berbicara tentang keberadaan anumerta - meskipun, seperti yang akan kita lihat, tidak banyak mitos yang membayangkan keabadian bagi manusia. Dan kami ingin menjelaskan momen-momen luhur itu, ketika kami tampaknya diangkut di luar masalah biasa kami. Para dewa membantu menjelaskan pengalaman transendensi.
Filosofi perenial mengungkapkan perasaan bawaan kita bahwa ada lebih banyak manusia dan dunia material daripada yang terlihat. Saat ini kata ‘mitos’ sering digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang tidak benar. Seorang politisi yang dituduh peccadillo akan mengatakan bahwa itu adalah 'mitos', bahwa itu tidak pernah terjadi. Ketika kita mendengar tentang dewa-dewa yang berjalan di bumi, orang-orang mati yang berjalan keluar dari kuburan, atau lautan secara ajaib berpisah untuk membiarkan orang-orang yang disukai melarikan diri dari musuh-musuh mereka, kita menganggap kisah-kisah ini sebagai luar biasa dan terbukti tidak benar.
Sejak abad kedelapan belas, kami telah mengembangkan pandangan ilmiah tentang sejarah; kami sangat prihatin atas apa yang sebenarnya terjadi. Tetapi di dunia pra-modern, ketika orang-orang menulis tentang masa lalu mereka lebih peduli dengan apa arti suatu peristiwa. Mitos adalah peristiwa yang, dalam beberapa hal, pernah terjadi sekali, tetapi yang juga terjadi sepanjang waktu. Karena pandangan kronologis kita tentang sejarah, kita tidak memiliki kata untuk kejadian semacam itu, tetapi mitologi adalah suatu bentuk seni yang menunjukkan di luar sejarah terhadap apa yang abadi dalam eksistensi manusia, membantu kita untuk melampaui perubahan acak dari peristiwa acak, dan melihat sekilas inti dari realitas.


Pengalaman transenden selalu menjadi bagian dari pengalaman manusia. Kita mencari saat-saat ekstasi, ketika kita merasa sangat tersentuh di dalam dan terangkat sejenak di luar diri kita. Pada saat seperti itu, tampaknya kita hidup lebih lamasecara intens dari biasanya, menembaki semua silinder, dan menghuni seluruh kemanusiaan kita. Agama telah menjadi salah satu cara paling tradisional untuk mencapai ekstasi, tetapi jika orang tidak lagi menemukannya di kuil, sinagog, gereja atau masjid, mereka mencarinya di tempat lain: dalam seni, musik, puisi, rock, tari, narkoba, seks atau olahraga. Seperti puisi dan musik, mitologi seharusnya membangunkan kita, bahkan dalam menghadapi kematian dan keputusasaan yang kita rasakan pada prospek kehancuran. Jika mitos berhenti melakukan itu, mitos itu telah mati dan hidup lebih lama dari kegunaannya.
Oleh karena itu, kesalahan untuk menganggap mitos sebagai cara berpikir yang inferior, yang dapat disingkirkan ketika manusia telah mencapai usia nalar.
Mitologi bukanlah upaya awal sejarah, dan tidak mengklaim bahwa dongengnya adalah fakta objektif. Seperti novel, opera atau balet, mitos adalah kepercayaan; ini adalah permainan yang mengubah dunia kita yang terfragmentasi dan tragis, dan membantu kita untuk melihat yang baru kemungkinan dengan bertanya 'bagaimana jika?' - pertanyaan yang juga memprovokasi beberapa penemuan terpenting kita dalam filsafat, sains, dan teknologi. Kaum Neanderthal yang mempersiapkan rekan mereka yang telah mati untuk hidup baru, mungkin, terlibat dalam permainan yang sama dengan keyakinan spiritual yang umum bagi semua orang.


para mitos: 'Bagaimana jika dunia ini tidak semuanya ada? Bagaimana ini mempengaruhi kehidupan kita - secara psikologis, praktis atau sosial? Akankah kita menjadi berbeda? Lebih lengkap? Dan, jika kita menemukan bahwa kita sangat berubah, apakah itu tidak akan muncul bahwa keyakinan mistis kita benar dalam beberapa hal, bahwa itu memberi tahu kita sesuatu yang penting tentang kemanusiaan kita, meskipun kita tidak dapat membuktikan ini secara rasional? 'Manusia itu unik dalam mempertahankan kapasitas untuk bermain. 2 Kecuali mereka hidup dalam kondisi-kondisi buatan penangkaran, hewan-hewan lain kehilangan rasa senang ketika mereka menghadapi kenyataan keras kehidupan di alam liar. Manusia dewasa, bagaimanapun, terus menikmati bermain dengan berbagai kemungkinan, dan, seperti anak-anak, kita teruskan menciptakan dunia imajiner. Dalam seni, terbebas dari batasan akal dan logika, kita memahami dan menggabungkan bentuk-bentuk baru yang memperkaya hidup kita, dan yang kita yakini memberi tahu kita sesuatu yang penting dan sangat 'benar'. Dalam mitologi juga, kami menghibur hipotesis, membawanya ke kehidupan dengan cara ritual, bertindak atasnya, merenungkan efeknya pada kehidupan kita, dan menemukan bahwa kita telah mencapai wawasan baru ke dalam teka-teki yang mengganggu dunia kita.
 
 
 
 

No comments:

ikuti blog ini

Follow My Blog

Popular Posts

KARYA KITA