Selamat datang di blog KJB! Selamat Anda telah mendapat peunjuk dari Tuhan sehingga diarahkan menuju webblog ini, Anda orang yang terpilih

Klik to Chat Admin

Thursday, July 23, 2020

Potret Kesenian Moderen Indonesia oleh: Agastya Rama Listya

Bagaimana mengembangkan sumberdaya rYJanusia Indonesia yang bermutu jelas tidak bisa dipisahkan dari pengembangan keseniannya. Dengan bercermin diri, sekalipun sesaat, kita mendapat banyak manfaat. Saat-saat dimana kita tahu kehebatan dan kelemahan-kelemahan kita, dengan membandingkan kondisi masa lampau, kita akan tahu dimana posisi kita sekarang, dan akhirnya apa saja yang perlu kita lakukan untuk antisipasi masa yang akan datang. Perubahan sosial politik akibat makin bertambahnya kaum terdidik da_n perubahan sta-tus ekonomi sekelompok masyarakat ternyata terkait dengan perkembangan kesenian. Namun pernahkah terpikirkan oleh kita untuk menjadikan kesenian Indonesia sebagai komoditi ekspor di masa mendatang?

I. Pendahuluan

Kesenian sebagai salah satu unsur kebudayaan merupakan fenomen manusiawi yang bersifat uni-versal. Ia hadir pada segala masa, bangsa maupun tingkat peradaban yang beragam. Para ahli sejarah dan arkeolog telah menemukan bukti-bukti peninggalan berupa karya-karya seni mengagumkan yang diciptakan oleh masyarakat purba yang notabene belum mengenal tulisan, misalnya lukisan pada dinding-dinding gua batu, area, menhir, nekara dsb. Karena itu dapat dipahami kebenaran pepatah kuno yang berbunyi: "kesenian melambangkan bangsa" atau dengan kata lain dapat kita katakan bahwa untuk mengenal watak suatu bangsa, haruslah dimulai dengan mengenal keseniannya.


Bila ilmu pengetahuan dengan segala kedigdayaannya dianggap tidak dapat menjawab persoalan-persoalan hidup manusia dalam segala dimensinya, maka kesenian selain agama merupakan salah satu upaya manusia untuk menjawab persoalan-persoalan hakiki tersebut melalui suatu ungkapan yang keluar dari intuisi non-konseptual. Kesenian yang akan kita bahas berikut dibatasi hanya pada lingkup kesenian moderen dan samasekali tidak/hanya menyinggung sedikit tentang kehadiran dan peranan kesenian tradisional. Seni moderen (art by acculturation) berdasarkan pendapat J. Maquet merupakan produk seni yang ditujukan bukan hanya bagj masyarakat dari lingkungc an sang seniman, namun juga bagi masyarakat di luar lingkungan sang seniman; bahkan nampaknya per-timbangan kedua mendapat porsi lebih besar daripada yang pertama. Sedangkan seni tradisional (art by destination) merupakan produk seni yang ditujukan hanya bagi masya-rakat dari lingkungan sang seniman.1 Pemilihan kesenian moderen sebagai fokus bahasan mempertim-bangkan beberapa hal diantaranya: 1) usia kehadirannya yang relatif muda; 2) relevansinya dengan tema utama: "Mengembangkan Manusia Indonesia yang Berwawasan Budaya Menuju Manusia Indonesia Moderen"; dan 3) tersedianya cukup banyak catatan {pengamatan) di seputar perkembangan kesenian moderen Indonesia.
-----
(1. soedarsono, Pendidikan Seni dan Globalisasi Budaya, makalah yang disajikan pada hari jadi Keluarga Muda Mahasiswa dan Alumni Penerimaan Beasiswa Supersemar 1991 di Yogyakarta.)


Hanya sayangnya potret yang akan kita lihat berikut bukanlah potret yang utuh dan jelas, sebaliknya ia nampak kusam, acak serta tak berbingkai. Kini menjadi tugas kitalah untuk membersihkan potret kusam tersebut dan memberinya bingkai sehingga ia dapat bermanfaat sesuai fungsi dan perannya yang hakiki.


II. Konsep Estetika (Filsafat Keindahan)

A. E!!itetika Barat Hingga masa !manuel Kant, estetika sebagai filsafat keindahan selalu berusaha menjabarkan peng-alaman estetis kepada prinsip-prinsip non estetis dan menghakiminya berdasarkan wewenang non estetis; seni senantiasa dikaitkan dengan bidang pengetahuan teoritis dan bidang kehidupan moral. Plato {428-328) berpendapat bahwa keindahan merupakan: 1) apa yang ada dalam dunia ide sehingga sebagai konsekuensi pernyataan ini ia menilai bahwa karya seni merupakan karya yang bernilai rendah. Karya seni dinilai rendah karena pada dasarnya ia merupakan tiruan dari tiruan yang ada {mimesis memeseos) dan bersifat sangat indi-vidual; 2) kesederhanaan; yang dimaksud dengan sederhana di sini ialah bentuk dan ukuran yang tidak dapat diberi batasan lebih lanjut lagi berdasarkan sesuatu yang sederhana. Aristoteles {384-322) se-bagai murid Plato mengemukakan beberapa pandangan yang hampir mirip dengan gurunya hanya saja dari sudut pandang yang berbeda. Suatu karya seni disebut indah hila ia memenuhi kriteria seimbang dan teratur; ia merupakan perwuJudan daya cipta man usia yang spesifik. Plotinos (205-270) seorang filsuf yang mengembangkan filsafat emanasi (pengaliran) menyatakan bahwa keindahan merupakan pengalaman yang ditemukan setiap orang baik dalam dirinya maupun orang lain dalam menghadapi kenyataan yang ada. Keindahan ini dapat terlihat maupun terdengar, bahkan dalam wujud watak dan perilaku setiap orang. Bagi Plotinos semakin sesuatu mendekati yang Esa maka semakin indahlah ia. Thomas Aquinas (1225-1274) berkesimpulan bahwa keindah-an berkaitan dengan pengetahuan dan subyek; kita menyebut sesuatu itu indah bila ia menyenangkaa mata kita. Tiga rumusannya mengenai keindahan bahwa keindahan harus mencakup: integritas, keselarasan, dan kecemerlangan. Dalam pandangan filsuf-filsuf Klasik Yunani di atas, seni seperti halnya bahasa dimasukkan dalam kategori imitasi yang berfungsi mimetis. Bila bahasa dianggap sebagai imitasi bunyi-bunyian yang ada (onomatope), maka sebaliknya seni merupakan imitasi atas benda-benda lahiriah. Bagi filsuf-filsuf ini imitasi dianggap merupakan naluri alamiah yang ada pada diri setiap orang. Namun yang perlu dicatat bahwa teori-teori imitasi yang paling radikalpun tidak pernah membatasi karya seni hanya pada reproduksi realitas secara mekanis. Spontanitas tidak menampilkan realitas dalam wujudnya yang murni namun juga telah mengalami pendistorsian. Dalam Critique of Judge-ment, Kant untuk pertama kalinya berhasil memberikan bukti yang jelas tentang otonomi kesenian. Imanuel Kant meminjam konsep estetika yang diperkenalkan oleh Alexander Baumgarten dalam bukunya Aesthetica (1750). Walaupun apa yang telah dilakukan Alexander Baumgarten berkaitan dengan strategi pengamanan otonomi kesenian dianggap tidak terhingga nilainya, namun itupun tidak betul-betul mampu mengamankan otonomi kesenian. Logika imajinasi yang disusunnya secara sistematis dan komprehensif ternyata dalam perkembangannya tidak dapat menuntut martabat yang sederajat dengan logika penalaran ilmiah dan rasional. Teori mimetis yang sudah dipegang selama berabad-abad lamanya akhirnya harus tersisih dengan munculnya konsep dan cita-cita baru, yakni seni karakteristik. Seni karakteristik atau ekspresif tidak hanya menitikberatkan pada sisi subyektif karya seni namun juga memperhatikan sisi obyektifnya. Bila suatu karya seni lebih menekankan faktor emosionalnya saja maka sebenarnya tidak ada yang dapat dikatakan baru, karena yang ada hanyalah perubahan makna dari teori onomatopoetic menjadi teori inter-jectional; reproduksi benda-benda alamiah menjadi reproduksi batin. Filsafat moderen juga me-lihat bahwa seni merupakan salah satu jalan ke arah pandangan obyektif atas benda-benda dan kehidupan manusia. Seni bukan imitasi l"ealitas melainkan penyingkapan realitas. Bila bahasa dan ilmu pengetahuan merupakan simplifikasi realitas yang bersandar pada proses abstraksi, maka sebaliknya seni merupakan intensifikasi realitas yang bersandar pada proses kongkretisasi tanpa henti; seni tidak mengijinkan simplifikasi konseptual dan generali-sasi deduktif. Jakob Oetama melihat fungsi kesenian pada masyarakat moderen sebagai: 1) pemberi obyek dan fokus baru kepada pengkajian ilmu; 2) rekreasi. 2 Sementara itu Sutan Takdir Alisjahbana justru melihat fungsi kesenian pada masyarakat moderen lebih sebagai: 1) pembangkit ke-sadaran moral umat manusia di masa yang penuh dengan pertentangan dan gejolak; 2) penggambaran dunia masa depan yang lebih ideal sesuai yang dicita-citakan. 3 Bila seni moderen lebih menekankan pada fungsi rekreatif dan pemanusiaan manusia maka sebaliknya seni tradisional lebih menekankan pada fungsi ritual {magis) seperti halnya fungsi dan peranan bahasa pada masyarakat tradisional, yaitu sebagai ekspresi kepatuhan masyarakat tradisional terhadap kekuatan-kekuatan alam yang menaunginya.
----
2. Jakob Oetama, Transformasi Kebudayaan: Ilmu, Teknologi dan Seni, sebuah makalah yang disajikan dalam memperingati 30 tahun berdirinya ITB. 3sutan Takdir Alisjahbana, Tugas Ilmu, Agama dan Seni dalam Krisis Poros Sejarah Dewasa lni, sebuah makalah yang disajikan dalam memperingati 30 tahun berdirinya ITB.


B. Estetika Timur dalam Fenomen Jepang Estetika Jepang sangat di-pengaruhi oleh dua jenis kepercayaan yang begitu merasuk dalam kebudayaan Jepang yaitu Shinto dan Zen. Kedua kepercayaan ini tidak mempunyai ajaran ataupun rumusan pemikiran yaRg kompleks kecuali hanya berusaha membebaskan seseorang dari ikatan lahir dan mati dengan cara memahami kekhasan diri sendiri secara intuitif. Karena kesederhanaannya, Zen amat mudah menyesuaikan dengan ajaran-ajaran filsafat dan moral yang ada. Bahkan dalam bidang militer ajaran ini menanamkan segi kedisiplinan moral yang keras. Mati dengan cara bushido dilakukan untuk mencapai kesempurnaan, dan disinilah seorang pendekar menemui "keindahan" makna hidupnya. Titik estetika Jepang terletak pada alam; alam mengisi hampir semua obyek budaya Jepang. Sehingga setiap orang Jepang mengenal istilah furyu yang berarti budaya menikmati keindahan alam. Furyu tidak hanya bermakna estetis namun juga mengandung makna relijius. Fu ryu berlaku tanpa mengenal perkecualian, baik di masa damai maupun pada saat meng-hadapi perang. Mereka yang tidak memiliki naluri furyu dapat digolong-kan sebagai orang yang tidak berbudaya. Jepang unggul dalam meng-ungkapkan pengalaman iman-keagamaan melalui karya seni yang estetis dan penuh perasaan daripada melalui konstruksi ajaran yang logis atau pemikiran yang sistematis.

Bila estetika Barat memandang apa yang kosong dan hampa sebagai tidak menarik, maka sebaliknya estetika Timur memandang yang kosong dan hampa sebagai berarti. C. Estetika Berdasarkan Kacamata Pemerintah NKRI Pemerintah Indonesia melihat bahwa konsep dan fungsi kesenian harus dikaitkan dengan pengelolaan lingkungan hidup. Kedudukan keseni-an dalam negara R.I. menjadi semakin kuat terutama dengan lahirnya U.U. No. 4 tahun 1982 tentang ketentuan-ketentuan pokok pengelolaan lingkungan hidup. Pemerintah melihat bahwa lingkung-an hidup mempunyai nilai serta mengisyaratkan agar setiap manusia Indonesia menentukan kadar nilai tersebut. Nilai yang ditentukan bukan sekadar nilai fisik namun juga nilai estetis. Nilai estetis sebagian besar muncul dalam karya seni, dan ini berarti bahwa seni haruslah mampu mampu menjadi unsur penentu kelayakan dan keselarasan peri-kehidupan di dalam lingkungan hidup. Baiklah kita menyimak isi U. U. No. 4 tahun 1982 bab I pasal 1 butir 1 hingga 3 tentang lingkungan hidup dan seni. 1) Seni sebagai hasil perilaku manusia harus dipandang dan diperhi tungkan pengaruhnya terhadap kelangsungan peri-kehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya. 2) Seni sebagai unsur di dalam kesatuan tatanan tersebut perlu menata dan ditata dalam rangka 59 pengelolaan lingkungan hidup, yaitu perlu dipadukan dengan unsur tata yang lain dalam pemanfaatan, pemeliharaan, pengawasan, pengendalian, pemulihan dan pengembangan lingkungan hidup. 3) Seni perlu dikembangkan peranannya dalam meningkatkan daya dukung lingkungan; yaitu kemampuan lingkungan untuk mendukung perikehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya. Bila U.U. No. 4 tahun 1982 bab I pasal 1 butir 1 hingga 3 ini dijabarkan lebih lanjut, maka kita akan menemukan kedudukan dan peranan seni dalam pengelolaan lingkungan hidup dalam perspektif pemerintah sbb: 1) Seni merupakan perwujudan saat keselarasan/keindahan dalam kerangka persoalan estetis guna pemenuhan kebutuhan manusiawi. 2) Seni sebagai persoalan estetis yang dapat berdiri sendiri, dalam penciptaan kelayakan manusiawi harus ditemalikan dengan unsur-unsur manusiawi lainnya. 3) Seni yang layak secara manu-siawi, dalam penciptaan keselaras-an kehidupan/lingkungan hidup harus ditemalikan dengan unsur-unsur kehidupan/lingkungan hidup lainnya. 4) Seni dan pengelolaan lingkungan hidup mempunyai kesamaan tujuan yaitu menciptakan keselarasan; suatu upaya agar setiap unsur yang terdapat dalam kehidupan/lingkungan hidup mencerminkan nilai-nilai lebih yang secara hakiki diarahkan demi kepentingan manusia dalam lingkungan hidupnya.


1) Seni dalam pengelolaan lingkung-an hidup harus senantiasa diarah-kan pada penciptaan suasana yang berorientasi pada konsep-konsep keseimbangan dan keselarasan lingkungan hidup serta kehidupan: a. Setiap karya seni harus dapat mencerminkan kandungan sifat edukatif/persuasif sehingga mampu mendorong budaya masyarakat manusia agar senantiasa sadar untuk meningkatkan mutu-mutu sendi kehidupan dan sekaligus mutu berbagai macam aspek yang menyangkut lingkungan hidup. b. Setiap karya seni harus mampu menggugah kesadaran manusia terhadap kondisi lingkungannya. c. Setiap karya seni harus mampu memberikan corak yang dapat mendorong ber-tambahnya mutu lingkungan hidup manusia.4
-----

4Budihardjo Wirjodirdjo, Seni dan Peranannya dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup, sebuah makalah yang disajikan pada diskusi seni di lSI Yogyakarta, t.t.

III. Potret Kesenian Moderen dan Kontemporer Indonesia

Pengantar Sosok kesenian moderen Indo-nesia yang sekarang kita kenai tidak bisa dilepaskan dari kesejarahan yang membentuknya. Pengalaman-pengalaman yang dialaminya baik menyenangkan maupun tidak telah melahirkan bentuk-bentuk kesenian yang khas Indonesia, yang berbeda dengan kesenian moderen dimana-pun. Setiap bentuk pengekangan dan tekanan akan menghadirkan kelompok-kelompok yang resisten dengan kebudayaan dan tata nilainya sendiri. Kekhasan yang muncul dengan merunut pada sisi kesejarah-an yang mewarnai kesenian tersebut dapat kita istilahkan dengan kontemporer (sesuai jamannya). Istilah modern sendiri mengandung nilai-nilai modernitas yang ada dalam budaya Barat, sedangkan seni kontemporer ada dan memiliki kekhasannya sendiri pada setiap suku bangsa dengan/tanpa terinterferensi oleh nilai-nilai Barat. Ia merupakan suatu bentuk perlawanan terhadap sistem besar dalam kesenian dan arus sosial politik. Karena itu kenyataan yang ironis bahwa kesenian-kesenian kontem-porer sering tidak dapat diterima pada masanya karena konteks kekiniannya dan hanya dapat dinikmati oleh generasi-generasi periode berikutnya. Istilah seni kontemporer mulai ramai dipakai kurang lebih semenjak satu abad terakhir ini. Namun sebenarnya tanpa disadari pada setiap periode telah melahirkan kesenian-kesenian dan seniman-seniman kontemporernya sendiri. Pada masanya Beethoven dianggap sebagai komponis kontemporer karena pemikiran-pemikirannya yang telah melangkah jauh ke depan melewati orang-orang sejamannya; demikian juga dengan Stravinsky, Arnold Schoenberg, Salvadol Dali, Pablo Picasso dll.

Koentjaraningrat mengklasifikasikan kesenian atas beberapa cabang yaitu:5
Pada tulisan ini kita tidak akan membahas kesembilan cabang-cabang kesenian, namun hanya akan memilih sebagian diantaranya, yaitu perkembangan dan permasalahan seni rupa moderen, seni musik, seni tari dan seni pertunjukan.
----
5Koentjaraningrat, Mengembangkan Sumber Daya Manusia yang Bermutu (bagian kedua), harlan umum Kompas, 24 Februari 1994, h. 5


Istilah seni moderen baru mulai kita kenai semenjak pertengahan abad XIX. Seni moderen muncul di lingkungan masyarakat kota, ketika ekonomi niaga dan industri mulai berkembang serta tatanan birokrasi pemerintahan mulai menggantikan peran kaum feodal dan raja-raja. Maraknya perkebunan sebagai agrobisnis pada pertengahan abad XIX dan rontoknya kekuasaan raja-raja yang dianggap sebagai "pegawai Be Ianda" memicu munculnya golongan masyarakat baru di kota yang berlatar belakang pendidikan Belanda. Golongan ini (termasuk ddalamnya anak-anak bangsawan dan raja) memilih mengikuti pendidikan Belanda dengan harapan dapat masuk dalam jajaran birokrasi pemerintahan ban:. yang lebih menjanjikan. 6

Di lingkungan golongan menengah inilah muncul kebutuhan terhadap seni moderen. Pada awal-nya mereka belajar mengapresiasi seni moderen tersebut dalam masa pendidikari Belandanya. Mereka membaca bacaan-bacaan sastra Barat, menikmati ilustrasi-ilustrasi bukunya yang digambar dengan cara yang berbeda dengan ilustrasi-ilustrasi yang ada pada buku-buku daerah saat itu. Namun yang perlu diingat bahwa tingkat keterpelajaran mereka pada saat itu belum begitu tinggi, sehingga pada dasarnya fungsi seni moderen bagi mereka masih terbatas pada pemenuhan selera hiburan ringan dan tanpa banyak merangsang pemikiran intelektual. Dengan adanya perubahan sosial pada sekitar tahun 1930-an, yaitu meningkatnya jumlah kaum terdidik secara Belanda dan tingkat pendidikan yang semakin tinggi, maka mulailah muncul kaum intelektual tinggi yang melihat seni bukan semata-mata berfungsi hiburan. Karena itulah maka pada tahun 1930-an kita menemukan dalam sejarah kebudayaan kita suatu "debat besar" yang membicarakan tentang arah kebudayaan baru Indo-nesia. Perpaduan antara intelek-tualitas, ilmu, seni serta politik
-----
6 Jakob Sumardjo, Seni Kaum Intelektua/, harlan umum Kompas, 26 Sep-tember 1993.


menjadi gaya intelektual kita pada tahun 1930-an. Seni mulai mem-persoalkan isi dan bukan lagi sekadar bentuk indah. 1. Seni rupa Seni rupa moderen Indonesia pada dasarnya telah dimulai semenjak masa Raden Saleh pada pertengahan abad XIX. Seni rupa moderen yang diperkenalkannya masih bermuara pada suasana hidup masyarakat waktu itu, di masa warna dasarnya adalah kehidupan keraton. Namun kemudian aktivitas seni rupa moderen Indonesia sempat meredup setengah abad lamanya sebelum munculnya pelukis-pelukis pasca Raden Saleh seperti Abdullah Suriosubroto, Mas Pirngadi; S. Soedjojono, Hendra Gunawan, Omar Basalmah dan Affandi.7 Melalui Persagi {Persatuan Ahli Gambar Indonesia) Agus Djaya dan Kelompok Lima yang terdiri dari Affandi, Soedarso, Wahid Sumanta, Barli dan Hendra Gunawan berusaha merumuskan pencarian identitas kesenian Indonesia. Selain itu secara keras mereka berusaha menggali nilai yang mereka yakini, yang salah satu-nya merupakan bantahan terhadap kritik tajam pemerintahan Belanda bahwa pribumi lebih baik mencangkul ketimbang melukis. 8
----
7 Andreas Darmanto, Pencariari Kreatif da/am Proses Kesenian, harian umum Kedaulatan Rakyat Minggu, t.t., t.h. 8 Redaksi Kompas, Seni Rupa Ditinggalkan CaJon Jendera/, harlan umum Kompas, 26 Aprll1994, h. 20.


Dengan meletusnya peristiwa G-305/PKI yang kemudian ditandai dengan lahirnya Orde Baru, membawa akibat dan perubahan yang besar bagi perkembangan sosial, politik dan ekonomi Indonesia. Kejatuhan Orde Lama disertai dengan dihapusnya Lekra yang menganut paham realisme sosial dan berafiliasi pada PKI. Sementara itu kelahiran Orde Baru ditandai dengan kebangkitan kembali Manikebu yang sempat mengalami kesulitan di masa pemerintahan Orde Lama karena menganut paham seni moderen. Seni rupa modern Indonesia kembali bangkit dengan lahirnya "kelompok sebelas" pada tahun 70-an yang beranggotakan perupa-perupa seperti Gregorius Sidharta, Mochtar Apin, But Mochtar (aim.) dan Sadali. Mereka berkarya dalam acuan kebudayaan moderen karena sepenuhnya situasi pendidikan pada masa itu (ITB) mengacu pada perkembangan teknologi moderen. Kelompok ini dengan sadar menerima bahwa kebudayaan moderen memang mengacu pada kemajuan teknologi yang lahir dari Barat. Demikian pula dorongan untuk melakukan eksperimentasi dan eksplorasi dalam berkarya merupa-kan dorongan yang berasal dari budaya Barat. Lirisisme yang merupa-kan ungkapan emosi dan perasaan pada dunianya di kemudian hari ~dakan kelompok ini dengan kelompok-kelompok berikutnya. Kontribusi kelompok ini bagi dunia seni rupa moderen Indonesia terletak pada beberapa perubahan idiom seni patung dan lukis, misalnya penghadiran patung tidak berdiri di atas sebuah landasan seperti halnya patung-patung konvensional, melainkan pada ruangan penonton, sehingga penonton sendiri menjadi bagian dari ruang tersebut; peman-faatan teknik las pada pembuatan patung; dan menghindari teknik pengecatan pada kayu karena dianggap akan merusak karakter ' kayu. Pada tahun 197 4 sebagai counter dari gerakan lirisisme yang diperkenalkan oleh "Kelompok Sebelas", muncul kelompok baru yang menamakan dirinya "Gerakan Seni Rupa Baru". Gerakan ini dipelopori oleh beberapa mahasiswa STSRI "ASRI" Yogyakarta seperti Bonyong Munni Ardhi, Harsono, Hardi, Nanik Mirna dan Siti Adiyati serta beberapa mahasiswa ITB seperti Jim Supangkat, Wagiono, Prianto S., Anyool Subroto, Pandu Sudewo, Nyoman Nuarta dan beberapa seniman lainnya. Gerakan Seni Rupa Baru merupakan pelopor seni rupa kontemporer di Indonesia. Pameran pertama Gerakan Seni Rupa Baru dilangsungkan di Taman Ismail Marzuki pada bulan Agustus 197 5. Sebagian besar karya-karya seni rupa yang ditampilkan memakai bahan-bahan jadi yang disusun dalam bentuk karya tiga dimensi. Karya-karya yang ditampil-kan tidak lagi memakai kaidah yang konvensional sehingga tidak dapat dikategorikan sebagai -?eni murni yaitu: lukis, patung dan grafis. Mereka memasukkan seluruh unsur seni murni maupun seni terapan dan menganggapnya sebagai karya seni rupa baru a tau yang di kemudian hari dikenal dengan istilah seni instalasi. Tema permasalahan sosial yang semula merupakan lahan yang tak tergarap karena depolitisasi yangdilakukan oleh pemerintahan Orde Baru akibat peristiwa G-305/PKI, kini mulai diangkat kembali oleh Gerakan Seni Rupa Baruo Setelah berakhirnya Gerakan Seni Rupa Baru dalam kancah seni rupa Indonesia, maka gerakan-gerakan berikutnya dapat disebut sebagai gerakan pasca seni rupa baru. Apa yang dilakukan oleh generasi pasca seni rupa baru pada dasarnya merupakan bentuk-bentu pengulang-an generasi-generasi sebelumnyao Berikut ini saya akan mencoba memaparkan ciri-ciri seni rupa kontemporer Indonesia berdasarkan apa yang dituliskan oleh F.Xo Harsonoo9 a. Konsep estetis 10 Non !iris; 2 0 Nilai estetis bukan menjadi satu-satunya nilai yang dipentingkan dalam penciptaan karya seni, tetapi dengan kesadaran baru menempatkan fungsi sosial sebagai nilai penting lainnya; 3 0 Penilaian suatu karya seni tidak selalu melulu pada hasil akhir dari karya seni, namun juga pada prosesnya karena ini teraksi yang terjadi antara seniman dan masyarakat dalam proses penciptaan mengandung nilai-nilai positif, yaitu: kesadaran, pengalaman dan nilai-nilai baru; 4 0 Karya seni rupa yang diciptakan
----
9. F.X. Harsono, Perkembangan Seni Rupa Indonesia Kontemporer dengan Per-masalahannya, makalah ini disajikan pada diskusi kegiatan Binal di Yogyakarta, 4 Agustus 1992.


tidak lagi dapat dikategorikan dalam batasan seni murni seperti yang digariskan oleh nilai-nilai mainstream 0 b. Proses penciptaan 1. Sumber ide penciptaan tidak selalu hadir dari pengalaman estetis atau ekplorasi rasa estetis dari batin seorang seniman yang bersifat individual, tetapi penciptaan bersumber pada ide yang telah dirancang lebih dahulu; 20 Proses penciptaan bersifat partisapatoris, melibatkan kerja seniman dan masyarakat atau antara beberapa orang senimano Dari proses kerja yang demikian menghasilkan suatu nilai yang berbeda dan mempunyai arti penting dalam penilaian karya seni; c. Teknik penciptaan Meninggalkan teknik pen-ciptaan, pemecahan permasalaha serta pencarian pengalaman kon-vensional, sehingga menghasilkan proses berkarya qan teknik-teknik baru seperti: ' 10 meninggalkan media ekspresi konvensional; 20 karya multimedia; 30 teknik instalasi atau rakitan; 40 gedung pertunjukkan tidak selalu menjadi alternatif tempat untuk ajang pamerano10
-----
10 lngat kegiatan "Sinal" yang di-selenggarakan di Yogyakarta pada tanggal 27 Juli-4 Agustus 1992.



58 melainkan penyingkapan realitas. Bila bahasa dan ilmu pengetahuan merupakan simplifikasi realitas yang bersandar pada proses abstraksi, maka sebaliknya seni merupakan intensifikasi realitas yang bersandar pada proses kongkretisasi tanpa henti; seni tidak mengijinkan simplifikasi konseptual dan generali-sasi deduktif. Jakob Oetama melihat fungsi kesenian pada masyarakat moderen sebagai: 1) pemberi obyek dan fokus baru kepada pengkajian ilmu; 2) rekreasi. 2 Sementara itu Sutan Takdir Alisjahbana justru melihat fungsi kesenian pada masyarakat moderen lebih sebagai: 1) pembangkit ke-sadaran moral umat manusia di masa yang penuh dengan pertentangan dan gejolak; 2) penggambaran dunia masa depan yang lebih ideal sesuai yang dicita-citakan. 3 Bila seni moderen lebih menekankan pada fungsi rekreatif dan pemanusiaan manusia maka sebaliknya seni tradisional lebih menekankan pada fungsi ritual {magis) seperti halnya fungsi dan peranan bahasa pada masyarakat tradisional, yaitu sebagai ekspresi kepatuhan masyarakat tradisional terhadap kekuatan-kekuatan alam yang menaunginya. 2Jakob Oetama, Transformasi Kebudayaan: Ilmu, Teknologi dan Seni, sebuah makalah yang disajikan dalam memperingati 30 tahun berdirinya ITB. 3sutan Takdir Alisjahbana, Tugas Ilmu, Agama dan Seni dalam Krisis Poros Sejarah Dewasa lni, sebuah makalah yang disajikan dalam memperingati 30 tahun berdirinya ITB. B. Estetika Timur dalam Fenomen Jepang Estetika Jepang sangat di-pengaruhi oleh dua jenis kepercayaan yang begitu merasuk dalam kebudayaan Jepang yaitu Shinto dan Zen. Kedua kepercayaan ini tidak mempunyai ajaran ataupun rumusan pemikiran yaRg kompleks kecuali hanya berusaha membebaskan seseorang dari ikatan lahir dan mati dengan cara memahami kekhasan diri sendiri secara intuitif. Karena kesederhanaannya, Zen amat mudah menyesuaikan dengan ajaran-ajaran filsafat dan moral yang ada. Bahkan dalam bidang militer ajaran ini menanamkan segi kedisiplinan moral yang keras. Mati dengan cara bushido dilakukan untuk mencapai kesempurnaan, dan disinilah seorang pendekar menemui "keindahan" makna hidupnya. Titik estetika Jepang terletak pada alam; alam mengisi hampir semua obyek budaya Jepang. Sehingga setiap orang Jepang mengenal istilah furyu yang berarti budaya menikmati keindahan alam. Furyu tidak hanya bermakna estetis namun juga mengandung makna relijius. Fu ryu berlaku tanpa mengenal perkecualian, baik di masa damai maupun pada saat meng-hadapi perang. Mereka yang tidak memiliki naluri furyu dapat digolong-kan sebagai orang yang tidak berbudaya. Jepang unggul dalam meng-ungkapkan pengalaman iman-keagamaan melalui karya seni yang estetis dan penuh perasaan daripada melalui konstruksi ajaran yang logis atau pemikiran yang sistematis. Bila estetika Barat memandang apa yang kosong dan hampa sebagai tidak menarik, maka sebaliknya estetika Timur memandang yang kosong dan hampa sebagai berarti. C. Estetika Berdasarkan Kacamata Pemerintah NKRI Pemerintah Indonesia melihat bahwa konsep dan fungsi kesenian harus dikaitkan dengan pengelolaan lingkungan hidup. Kedudukan keseni-an dalam negara R.I. menjadi semakin kuat terutama dengan lahirnya U.U. No. 4 tahun 1982 tentang ketentuan-ketentuan pokok pengelolaan lingkungan hidup. Pemerintah melihat bahwa lingkung-an hidup mempunyai nilai serta mengisyaratkan agar setiap manusia Indonesia menentukan kadar nilai tersebut. Nilai yang ditentukan bukan sekadar nilai fisik namun juga nilai estetis. Nilai estetis sebagian besar muncul dalam karya seni, dan ini berarti bahwa seni haruslah mampu mampu menjadi unsur penentu kelayakan dan keselarasan peri-kehidupan di dalam lingkungan hidup. Baiklah kita menyimak isi U. U. No. 4 tahun 1982 bab I pasal 1 butir 1 hingga 3 tentang lingkungan hidup dan seni. 1) Seni sebagai hasil perilaku manusia harus dipandang dan diperhi tungkan pengaruhnya terhadap kelangsungan peri-kehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya. 2) Seni sebagai unsur di dalam kesatuan tatanan tersebut perlu menata dan ditata dalam rangka 59 pengelolaan lingkungan hidup, yaitu perlu dipadukan dengan unsur tata yang lain dalam pemanfaatan, pemeliharaan, pengawasan, pengendalian, pemulihan dan pengembangan lingkungan hidup. 3) Seni perlu dikembangkan peranannya dalam meningkatkan daya dukung lingkungan; yaitu kemampuan lingkungan untuk mendukung perikehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya. Bila U.U. No. 4 tahun 1982 bab I pasal 1 butir 1 hingga 3 ini dijabarkan lebih lanjut, maka kita akan menemukan kedudukan dan peranan seni dalam pengelolaan lingkungan hidup dalam perspektif pemerintah sbb: 1) Seni merupakan perwujudan saat keselarasan/keindahan dalam kerangka persoalan estetis guna pemenuhan kebutuhan manusiawi. 2) Seni sebagai persoalan estetis yang dapat berdiri sendiri, dalam penciptaan kelayakan manusiawi harus ditemalikan dengan unsur-unsur manusiawi lainnya. 3) Seni yang layak secara manu-siawi, dalam penciptaan keselaras-an kehidupan/lingkungan hidup harus ditemalikan dengan unsur-unsur kehidupan/lingkungan hidup lainnya. 4) Seni dan pengelolaan lingkungan hidup mempunyai kesamaan tujuan yaitu menciptakan keselarasan; suatu upaya agar setiap unsur yang terdapat dalam kehidupan/lingkungan hidup mencerminkan nilai-nilai lebih yang secara hakiki diarahkan demi kepentingan manusia dalam lingkungan hidupnya. 60 1) Seni dalam pengelolaan lingkung-an hidup harus senantiasa diarah-kan pada penciptaan suasana yang berorientasi pada konsep-konsep keseimbangan dan keselarasan lingkungan hidup serta kehidupan: a. Setiap karya seni harus dapat mencerminkan kandungan sifat edukatif/persuasif sehingga mampu mendorong budaya masyarakat manusia agar senantiasa sadar untuk meningkatkan mutu-mutu sendi kehidupan dan sekaligus mutu berbagai macam aspek yang menyangkut lingkungan hidup. b. Setiap karya seni harus mampu menggugah kesadaran manusia terhadap kondisi lingkungannya. c. Setiap karya seni harus mampu memberikan corak yang dapat mendorong ber-tambahnya mutu lingkungan hidup manusia.4 m. Potret Kesenian Moderen dan Kontemporer Indonesia Pengantar Sosok kesenian moderen Indo-nesia yang sekarang kita kenai tidak bisa dilepaskan dari kesejarahan yang membentuknya. Pengalaman-peng-4Budihardjo Wirjodirdjo, Seni dan Peranannya dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup, sebuah makalah yang disajikan pada diskusi seni di lSI Yogyakarta, t.t. alaman yang dialaminya baik menyenangkan maupun tidak telah melahirkan bentuk-bentuk kesenian yang khas Indonesia, yang berbeda dengan kesenian moderen dimana-pun. Setiap bentuk pengekangan dan tekanan akan menghadirkan kelompok-kelompok yang resisten dengan kebudayaan dan tata nilainya sendiri. Kekhasan yang muncul dengan merunut pada sisi kesejarah-an yang mewarnai kesenian tersebut dapat kita istilahkan dengan kontemporer (sesuai jamannya). Istilah modern sendiri mengandung nilai-nilai modernitas yang ada dalam budaya Barat, sedangkan seni kontemporer ada dan memiliki kekhasannya sendiri pada setiap suku bangsa dengan/tanpa terinterferensi oleh nilai-nilai Barat. Ia merupakan suatu bentuk perlawanan terhadap sistem besar dalam kesenian dan arus sosial politik. Karena itu kenyataan yang ironis bahwa kesenian-kesenian kontem-porer sering tidak dapat diterima pada masanya karena konteks kekiniannya dan hanya dapat dinikmati oleh generasi-generasi periode berikutnya. Istilah seni kontemporer mulai ramai dipakai kurang lebih semenjak satu abad terakhir ini. Namun sebenarnya tanpa disadari pada setiap periode telah melahirkan kesenian-kesenian dan seniman-seniman kontemporernya sendiri. Pada masanya Beethoven dianggap sebagai komponis kontemporer karena pemikiran-pemikirannya yang telah melangkah jauh ke depan melewati orang-orang sejamannya; demikian juga dengan Stravinsky, Arnold Schoenberg, Salvadol Dali, Pablo Picasso dll. 61 Koentjaraningrat mengklasifikasikan kesenian atas beberapa cabang yaitu:5 [ 2 dimensi ~ seni lukis seni gambar 1. Seni rupa seni ilustrasi seni grafis seni rias seni patung 3 dimensi E seni relief seni ukir vokal ·2. Seni musik I instrumentasl 3. Seni sastra c pro sa puisi 4. Seni tekstil 5. Seni kuliner 6. Seni arsitektur 7. Sine rna 8 Seni tari teater 9. Seni pertunjukkan E sandiwara drama Pada tulisan ini kita tidak akan membahas kesembilan cabang-cabang kesenian, namun hanya akan memilih sebagian diantaranya, yaitu perkembangan dan permasalahan seni rupa moderen, seni musik, seni tari dan seni pertunjukan. 5Koentjaraningrat, Mengembangkan Sumber Daya Manusia yang Bermutu (bagian kedua), harlan umum Kompas, 24 Februari 1994, h. 5. Istilah seni moderen baru mulai kita kenai semenjak pertengahan abad XIX. Seni moderen muncul di lingkungan masyarakat kota, ketika ekonomi niaga dan industri mulai berkembang serta tatanan birokrasi pemerintahan mulai menggantikan peran kaum feodal dan raja-raja. Maraknya perkebunan sebagai agrobisnis pada pertengahan abad XIX dan rontoknya kekuasaan raja-raja yang dianggap sebagai "pegawai Be Ianda" memicu munculnya golongan masyarakat baru di kota yang berlatar belakang pendidikan Belanda. Golongan ini (termasuk di 62 dalamnya anak-anak bangsawan dan raja) memilih mengikuti pendidikan Belanda dengan harapan dapat masuk dalam jajaran birokrasi pemerintahan ban:. yang lebih menjanjikan. 6 Di lingkungan golongan menengah inilah muncul kebutuhan terhadap seni moderen. Pada awal-nya mereka belajar mengapresiasi seni moderen tersebut dalam masa pendidikari Belandanya. Mereka membaca bacaan-bacaan sastra Barat, menikmati ilustrasi-ilustrasi bukunya yang digambar dengan cara yang berbeda dengan ilustrasi-ilustrasi yang ada pada buku-buku daerah saat itu. Namun yang perlu diingat bahwa tingkat keterpelajaran mereka pada saat itu belum begitu tinggi, sehingga pada dasarnya fungsi seni moderen bagi mereka masih terbatas pada pemenuhan selera hiburan ringan dan tanpa banyak merangsang pemikiran intelektual. Dengan adanya perubahan sosial pada sekitar tahun 1930-an, yaitu meningkatnya jumlah kaum terdidik secara Belanda dan tingkat pendidikan yang semakin tinggi, maka mulailah muncul kaum intelektual tinggi yang melihat seni bukan semata-mata berfungsi hiburan. Karena itulah maka pada tahun 1930-an kita menemukan dalam sejarah kebudayaan kita suatu "debat besar" yang membicarakan tentang arah kebudayaan baru Indo-nesia. Perpaduan antara intelek-tualitas, ilmu, seni serta politik 6Jakob Sumardjo, Seni Kaum Intelektua/, harlan umum Kompas, 26 Sep-tember 1993. menjadi gaya intelektual kita pada tahun 1930-an. Seni mulai mem-persoalkan isi dan bukan lagi sekadar bentuk indah. 1. Seni rupa Seni rupa moderen Indonesia pada dasarnya telah dimulai semenjak masa Raden Saleh pada pertengahan abad XIX. Seni rupa moderen yang diperkenalkannya masih bermuara pada suasana hidup masyarakat waktu itu, di masa warna dasarnya adalah kehidupan keraton. Namun kemudian aktivitas seni rupa moderen Indonesia sempat meredup setengah abad lamanya sebelum munculnya pelukis-pelukis pasca Raden Saleh seperti Abdullah Suriosubroto, Mas Pirngadi; S. Soedjojono, Hendra Gunawan, Omar Basalmah dan Affandi.7 Melalui Persagi {Persatuan Ahli Gambar Indonesia) Agus Djaya dan Kelompok Lima yang terdiri dari Affandi, Soedarso, Wahid Sumanta, Barli dan Hendra Gunawan berusaha merumuskan pencarian identitas kesenian Indonesia. Selain itu secara keras mereka berusaha menggali nilai yang mereka yakini, yang salah satu-nya merupakan bantahan terhadap kritik tajam pemerintahan Belanda bahwa pribumi lebih baik mencangkul ketimbang melukis. 8 1 Andreas Darmanto, Pencariari Kreatif da/am Proses Kesenian, harian umum Kedaulatan Rakyat Minggu, t.t., t.h. 8Redaksi Kompas, Seni Rupa Ditinggalkan CaJon Jendera/, harlan umum Kompas, 26 Aprll1994, h. 20. Dengan meletusnya peristiwa G-305/PKI yang kemudian ditandai dengan lahirnya Orde Baru, membawa akibat dan perubahan yang besar bagi perkembangan sosial, politik dan ekonomi Indonesia. Kejatuhan Orde Lama disertai dengan dihapusnya Lekra yang menganut paham realisme sosial dan berafiliasi pada PKI. Sementara itu kelahiran Orde Baru ditandai dengan kebangkitan kembali Manikebu yang sempat mengalami kesulitan di masa pemerintahan Orde Lama karena menganut paham seni moderen. Seni rupa modern Indonesia kembali bangkit dengan lahirnya "kelompok sebelas" pada tahun 70-an yang beranggotakan perupa-perupa seperti Gregorius Sidharta, Mochtar Apin, But Mochtar (aim.) dan Sadali. Mereka berkarya dalam acuan kebudayaan moderen karena sepenuhnya situasi pendidikan pada masa itu (ITB) mengacu pada perkembangan teknologi moderen. Kelompok ini dengan sadar menerima bahwa kebudayaan moderen memang mengacu pada kemajuan teknologi yang lahir dari Barat. Demikian pula dorongan untuk melakukan eksperimentasi dan eksplorasi dalam berkarya merupa-kan dorongan yang berasal dari budaya Barat. Lirisisme yang merupa-kan ungkapan emosi dan perasaan pada dunianya di kemudian hari ~dakan kelompok ini dengan kelompok-kelompok berikutnya. Kontribusi kelompok ini bagi dunia seni rupa moderen Indonesia terletak pada beberapa perubahan idiom seni patung dan lukis, misalnya penghadiran patung tidak berdiri di atas sebuah landasan seperti halnya patung-patung konvensional, me-63 lainkan pada ruangan penonton, sehingga penonton sendiri menjadi bagian dari ruang tersebut; peman-faatan teknik las pada pembuatan patung; dan menghindari teknik pengecatan pada kayu karena dianggap akan merusak karakter ' kayu. Pada tahun 197 4 sebagai counter dari gerakan lirisisme yang diperkenalkan oleh "Kelompok Sebelas", muncul kelompok baru yang menamakan dirinya "Gerakan Seni Rupa Baru". Gerakan ini dipelopori oleh beberapa mahasiswa STSRI "ASRI" Yogyakarta seperti Bonyong Munni Ardhi, Harsono, Hardi, Nanik Mirna dan Siti Adiyati serta beberapa mahasiswa ITB seperti Jim Supangkat, Wagiono, Prianto S., Anyool Subroto, Pandu Sudewo, Nyoman Nuarta dan beberapa seniman lainnya. Gerakan Seni Rupa Baru merupakan pelopor seni rupa kontemporer di Indonesia. Pameran pertama Gerakan Seni Rupa Baru dilangsungkan di Taman Ismail Marzuki pada bulan Agustus 197 5. Sebagian besar karya-karya seni rupa yang ditampilkan memakai bahan-bahan jadi yang disusun dalam bentuk karya tiga dimensi. Karya-karya yang ditampil-kan tidak lagi memakai kaidah yang konvensional sehingga tidak dapat dikategorikan sebagai -?eni murni yaitu: lukis, patung dan grafis. Mereka memasukkan seluruh unsur seni murni maupun seni terapan dan menganggapnya sebagai karya seni rupa baru a tau yang di kemudian hari dikenal dengan istilah seni instalasi. Tema permasalahan sosial yang semula merupakan lahan yang tak tergarap karena depolitisasi yang 64 dilakukan oleh pemerintahan Orde Baru akibat peristiwa G-305/PKI, kini mulai diangkat kembali oleh Gerakan Seni Rupa Baruo Setelah berakhirnya Gerakan Seni Rupa Baru dalam kancah seni rupa Indonesia, maka gerakan-gerakan berikutnya dapat disebut sebagai gerakan pasca seni rupa baru. Apa yang dilakukan oleh generasi pasca seni rupa baru pada dasarnya merupakan bentuk-bentu pengulang-an generasi-generasi sebelumnyao Berikut ini saya akan mencoba memaparkan ciri-ciri seni rupa kontemporer Indonesia berdasarkan apa yang dituliskan oleh F.Xo Harsonoo9 a. Konsep estetis 10 Non !iris; 2 0 Nilai estetis bukan menjadi satu-satunya nilai yang dipentingkan dalam penciptaan karya seni, tetapi dengan kesadaran baru menempatkan fungsi sosial sebagai nilai penting lainnya; 3 0 Penilaian suatu karya seni tidak selalu melulu pada hasil akhir dari karya seni, namun juga pada prosesnya karena ini teraksi yang terjadi antara seniman dan masyarakat dalam proses penciptaan mengandung nilai-nilai positif, yaitu: kesadaran, pengalaman dan nilai-nilai baru; 4 0 Karya seni rupa yang diciptakan %-Oxo Harsono, Perkembangan Seni Rupa Indonesia Kontemporer dengan Per-masalahannya, makalah ini disajikan pada diskusi kegiatan Binal di Yogyakarta, 4 Agustus 1992. tidak lagi dapat dikategorikan dalam batasan seni murni seperti yang digariskan oleh nilai-nilai mainstream 0 b. Proses penciptaan 1. Sumber ide penciptaan tidak selalu hadir dari pengalaman estetis atau ekplorasi rasa estetis dari batin seorang seniman yang bersifat individual, tetapi penciptaan bersumber pada ide yang telah dirancang lebih dahulu; 20 Proses penciptaan bersifat partisapatoris, melibatkan kerja seniman dan masyarakat atau antara beberapa orang senimano Dari proses kerja yang demikian menghasilkan suatu nilai yang berbeda dan mempunyai arti penting dalam penilaian karya seni; c. Teknik penciptaan Meninggalkan teknik pen-ciptaan, pemecahan permasalaha serta pencarian pengalaman kon-vensional, sehingga menghasilkan proses berkarya qan teknik-teknik baru seperti: ' 10 meninggalkan media ekspresi konvensional; 20 karya multimedia; 30 teknik instalasi atau rakitan; 40 gedung pertunjukkan tidak selalu menjadi alternatif tempat untuk ajang pamerano10 10lngat kegiatan "Sinal" yang di-selenggarakan di Yogyakarta pada tanggal 27 Juli-4 Agustus 1992. 2. Seni musik Budaya musik "Indonesia" yang terdapat di seluruh Nusantara berdasarkan konteks teori Joseph Fourier11 merupakan kesenian musik yang mentradisi dengan dinamika produksi penciptaan yang relatif rendah, akrab dengan improvisasi, ditangani secara amatir, dan merupa-kan komposisi atematis. Ia ditopang tradisi lisan yang menjurus ke proses pemiskinan dan mengalami segmen-tasi etnik dan dibingkai. dengan bahasa-bahasa daerah. Ia tidak mengenal tradisi kritik, · hanya berguna untuk menciptakan suasana-suasana dalam konteks kolektivisme, dan tidak menjadi sarana pendidikan umum demi presisi, imajinasi, kreativitas dan kecerdasan. Dalam perjalanan panjang sejarah Indonesia maka budaya musik "Indonesia" mengalami mozaik karena berbenturan dengan budaya-budaya lainnya. Proses pembentukan mozaik terbesar terjadi kurang lebih seratus dua puluh enam tahun lamanya hingga tahun 1641 (saat jatuhnya Malaka dari tangan Portugis ke Belanda) dengan masuknya solmisasi lagu diatonis dalam tradisi rakyat serta: instrumen musik: gitar, cavaquinho (ukulele), biola, cello dan fluit. Dari proses pembentukan mozaik dalam budaya musik Indone-sia ini kemudian melahirkan budaya musik moderen Indonesia pertama yang disebut keroncong di desa T ugu, Jakarta Utara. ll
------
F.X. Suhardjo Parto, Budaya dan Kultur Musik Indonesia, harian umum Kompas, 6 Desember 1993,. h. 6.

Pada tahun 1918 di Batavia masuk aliran musik baru yar.g disebut gambus. Mubarak merupakan orang yang pertama kali memperkenab,m aliran ini bersama kelompoknya AI Kalifah. Walaupun Mubarak sendiri merupakan orang Arab yang pernah berguru musik pada Daniel Pratt di Malaka (sekarang Malaysia), namun setibanya di Indonesia ia mengem-bangkan musiknya justru bersama Pieter van Duinen (seorang Belanda). Musik yang dimainkannya di Indone-sia ini samasekali tidak memiliki kaitan dengan agama. Tujuan di-bentuknya orkes gambus pertama ini semata-mata hanyalah sebagai pengiring dansa orang-orang Melayu dan Arab di ballroom milik Tionghoa-Betawi. Beberapa lagu standar yang sering dimainkan antara lain: Cik Pia, Merah Delima, Jambu Mente, Cente Manis dan Kembang Kana .12 Model gambus Mubarak semakin mengembangkan sayapnya melalui Alwardah Mochtar Lufti atau yang biasa disebut Alwaton Alaydrus dengan mengawinkannya dengan irama tango Argentina yang sedang naik daun pada masa itu. Dengan masuknya kolonial Belanda menggantikan Portugis, maka perkembangan budaya musik moderen Indonesia tidak mengalami perkembangan yang berarti hingga berakhirnya kekuasaan Belanda di In-donesia semenjak tahun 1949. Kultur musik Indonesia sendiri baru secara 12
------
Agastya Rama Ustya, Rasa Nyinyir dan Dampak Negatif Perkembangan Musik Dangdut Belakangan lni, sebuah artikel, t.t.


No comments:

ikuti blog ini

Follow My Blog

Popular Posts

KARYA KITA