Selamat datang di blog KJB! Selamat Anda telah mendapat peunjuk dari Tuhan sehingga diarahkan menuju webblog ini, Anda orang yang terpilih

Klik to Chat Admin

Tuesday, June 9, 2020

INFORMASI JAZZ YANG BERHARGA



Bahan dasar dalam musik adalah SCALE, CHORDS, MELODY, RHYTHM, dan HARMONY. Tujuan pendidikan jazz adalah untuk memberi Anda dasar-dasar yang Anda butuhkan dalam belajar bermain jazz atau berimprovisasi. Musisi jazz adalah komposer instan! Melodi yang berasal dari instrumen mereka dikandung dalam benak (pikiran) mereka sebelum mereka memainkannya. Perbedaan antara improviser dan komposer tradisional adalah ini: bahwa "jazzer" tidak memiliki penghapus untuk memperbaiki kesalahan secara instan. Mereka berlatih lama dan keras berusaha menjadikan tubuh fisik dan kerangka pikiran mereka sebagai sarana yang tepat untuk melaksanakan gagasan yang dirumuskan dalam pikiran mereka.
TUJUAN dari setiap musisi jazz adalah memainkan instrumen mereka (atau menyanyi vokal) apa yang didengar dalam pikiran mereka. Melatih scale, akord (arpeggio), latihan di semua kunci (nada dasar) akan membantu memfasilitasi membuka ide-ide yang masih tertahan di pikiran Anda. Secepat mungkin, cobalah memainkan apa yang Anda DENGAR secara mental di kepala Anda! Dengan kata lain, nyanyikan melodi pendek secara mental, atau nyanyikan dengan mulut Anda, lalu mainkan nada dan irama yang tepat itu pada instrumen Anda. Ini adalah prosedur yang sama yang digunakan pemain jazz ketika berimprovisasi. (ini juga metode yang saya pakai ketika membuat musik secara digial; Cakwo)
Bermain membutuhkan disiplin. Adalah baik untuk membangun rutinitas latihan. Improvisasi harus menjadi bagian dari latihan harian Anda. Mainkan apa pun yang Anda dengar di kepala Anda. Bisa jadi sesuatu dari TV, radio, atau hanya beberapa melodi yang Anda dengarkan sendiri. Ini juga merupakan bentuk PELATIHAN TELINGA. Anda melatih telinga bagian dalam untuk mengarahkan jari Anda ke nada yang didengarnya, secara instan. Latih telinga Anda secara bertahap untuk benar-benar mendengarkan musik dan semua komponen yang membuat produk akhir. Dengarkan dengan cermat siapa pun yang bermain jazz atau berimprovisasi. Anda dapat belajar banyak dari pertunjukan langsung maupun rekaman. Mulai koleksi dan dengarkan apa yang telah direkam selama 80 tahun terakhir.
Mitos lama yang mengatakan, "Anda memilikinya atau tidak," (“You either have it or you don’t,”) adalah mitos semata yang didasarkan pada ketidaktahuan dan ketidakmampuan (atau keengganan) dari mereka yang dapat bermain untuk membagikan apa yang mereka lakukan secara verbal dengan mereka yang berpikir mereka bisa ' tidak belajar.
Mind (Pikiran) adalah pencetus SEMUA pemikiran musik. Mulut (bernyanyi) biasanya dapat mendekati nada, irama, dan nuansa dari apa yang didengar pikiran lebih baik daripada instrumen yang sebenarnya (saksofon, trompet, dll.) Dapat lakukan. Karena instrumen yang kita pilih adalah alat yang harus dipelajari, dan itu tidak mampu mereproduksi pikiran musikal seperti pikiran kita. Cukup beralasan bahwa orang yang memiliki teknik lebih baik juga akan lebih baik memainkan apa yang ada dipikirannya di instrumen mereka.
Salah satu alasan mengapa “sound of jazz” yang hebat itu berbeda dari Anda adalah kenyataan bahwa mereka memiliki begitu banyak “sound” (skala, akord, pola, ide) yang dapat mereka gunakan. SYLLABUS SKALA dapat membantu Anda menemukan suara baru. Berlatihlah, gunakan latihan yang ditemukan dalam buklet ini atau di Vol. 1 “Cara Bermain Jazz dan Berimprovisasi” akan memberi Anda dasar yang baik untuk memainkan gaya musik APAPUN.
"JAZZ ADALAH KEBEBASAN!" kata Thelonious Monk. Terlalu sering kita menolak untuk mengambil keuntungan dari kesempatan yang memungkinkan kita untuk mengukur pertumbuhan dan kebebasan dalam ekspresi musik kita. Mendengarkan musik jazz yang hebat adalah inspiratif dan bermanfaat. Ingatlah ini: latihan latihan, pola, lick, skala, dan akord harus mengarah pada kreativitas yang lebih ekspresif, bukan kebosanan.
BAGAIMANA ANDA MEMULAI PENINGKATAN? Banyak orang mulai dengan bermain dengan telinga (membiarkan telinga musikal batin mereka memandu pilihan not dan ritme mereka). Ini adalah proses hit-or-miss yang sebagian besar pemain jazz (sebelum 1965) harus gunakan untuk mempelajari karya  mereka. Namun, metode ini memperkuat telinga pemain dan sangat berharga. Setiap orang harus menghabiskan waktu setiap hari bermain dengan telinga. Semakin cepat Anda melatih telinga Anda untuk membedakan, semakin cepat MEMBANTU ANDA dalam membuat musik. Dengan menggunakan telinga Anda, dan pengetahuan tentang skala dan akord yang dibutuhkan, Anda akan merasa jauh lebih nyaman dengan memulai improvisasi.
PENTING: Jangan menyudahi latihan tanpa pernah berimprovisasi. Hindari menjadi orang yang memainkan berlatihan menjadi hebat, tetapi menunda-nunda untuk kreatif sampai besok. LAKUKAN SEKARANG! TINGKATKAN. Bahkan jika Anda hanya menggunakan beberapa not skala, mulailah dari sana. MULAILAH! Jangan menundanya hingga besok atau sampai Anda memiliki skala di bawah kendali yang lebih baik. LAKUKAN SEKARANG! Perjalanan terpanjang dimulai dengan satu langkah. Hari ini adalah hari pertama dari sisa hidup Anda. Ungkapan musik terpanjang dimulai dengan satu nada.
Hanya karena Anda berlatih tangga nada, akor, pola, dan latihan tidak berarti Anda akan terdengar kaku dan mekanis, ATAU Anda akan menjadi jazz yang hebat! Tapi itu sarana untuk mencapai tujuan. Lebih dari bahan lainnya, TRADISI JAZZ didasarkan pada MENDENGARKAN. Mendengarkan rekaman / kaset jazz harus menjadi bagian dari rutinitas setiap musisi setiap hari. Tidak hanya menyenangkan untuk didengarkan, tetapi Anda dapat menyerap banyak ide musik dan memasukkannya ke dalam solo Anda sendiri. Musik yang ada dalam rekaman berisi sebagian besar jawaban yang Anda cari.
Memiliki “telinga yang baik” berarti memiliki kemampuan untuk mendengar akar (root-nada dasar)  dari berbagai akord atau skala yang sedang dimainkan; memiliki kemampuan untuk mendengar kualitas akord atau skala - mayor, minor (apa jenis minor?), pentatonik, diminish. keseluruhan nada, dll.); itu berarti memiliki kemampuan untuk mengetahui nada skala atau nada apa yang sedang dimainkan di titik mana pun di solo - misalnya, "ah, nada itu adalah nada ke #4 (fa) yang diselesaikan pada ke-6 (la) dan kemudian  ke-5 (sol)!"; itu berarti mendengar piano, bass, solois, drum, dll secara individual maupun kolektif.



Ada banyak tingkatan mendengar. Beberapa orang mendengar. Yang lainnya benar-benar MENDENGAR! Dan beberapa tampaknya dapat mendengar dan mengidentifikasi hampir semua hal yang sedang dimainkan. Mereka bisa menyanyikan atau memainkan kembali sebagian solo tepat setelah pemain bermain. Bagaimana mereka MENDENGAR, dan kita tidak bisa menemukan akar, skala, kualitas, atau berapa per berapa tanda birama di bagian itu? Mereka telah bekerja keras mengidentifikasi semua bunyi yang mereka dengar setiap hari. Karena mereka ingin berimprovisasi, mereka meluangkan waktu untuk menerapkan pada instrumen mereka hal-hal yang mereka dengar. Mereka juga menggunakan pikiran dan waktu senggang mereka untuk mencari hal-hal secara harmonis, melodis, dan irama. Menggunakan alat musik kecil sangat membantu dalam mengidentifikasi nada ketika Anda tidak berada di piano atau tidak memiliki instrumen. Anda dapat membawanya dan melatih telinga Anda “saat bepergian.” Tidak ada yang tahu atau benar-benar bisa membayangkan jumlah pemikiran setiap jazzer telah dimasukkan ke dalam karya mereka.

SARAN LATIHAN

1. Mainkan dengan bunyi/nada yang bagus. Pemain tiup- bangun suara Anda. Jangan memainkan staccato.
2. Buatlah frase mengalir secara alami; bahkan saat bermain scale dan latihan.
3. Nyanyikan latihan, scale, pola secara mental saat Anda memainkannya.
4. Jika latihan mengalami kesuliant, perlambatlah. Kemudian secara bertahap meningkatkan tempo.
5. Dengarkan setiap not yang Anda mainkan. Sesuaikan dengan ide-ide pikiran Anda.
6. Bersabarlah. Anda bukan yang pertama membuat kesalahan.
7. Gunakan artikulasi jazz pada latihan dan latihan skala/akord.
8. Berimprovisasilah setiap hari. Itulah ANDA YANG SEBENARNYA. Mainkan apa yang Anda dengar di kepala Anda.
9. Biasakan berlatih di semua dua belas kunci. Volume 21 dan 24 sangat baik.
10. Pelajari Blues dalam kunci konser Bb & F.
11. Hafalkan semua yang Anda bisa. Ketahuilah apa yang sedang Anda coba mainkan.

Jika kita semua menunggu sampai kita menjadi musisi yang sempurna sebelum kita memainkan alat musik, tidak akan ada musik di dunia. Mainkan instrumen terbaik yang Anda mampu dan pelajari dengan guru-guru terbaik yang tersedia yang akan memberi Anda bimbingan dalam musik jazz dan tradisional.

Gunakan imajinasi Anda. Bereksperimenlah - ambil peluang! Anda layak menjadi kreatif! Persiapkan diri Anda.

(bersambung ke sini)

No comments:

ikuti blog ini

Follow My Blog

Popular Posts

KARYA KITA