Selamat datang di blog KJB! Selamat Anda telah mendapat peunjuk dari Tuhan sehingga diarahkan menuju webblog ini, Anda orang yang terpilih

Klik to Chat Admin

Thursday, February 4, 2021

ZAMAN BARU





New Age adalah serangkaian keyakinan dan praktik spiritual atau agama yang berkembang pesat di dunia Barat selama tahun 1970-an. Definisi ilmiah yang tepat tentang Zaman Baru berbeda dalam penekanannya, sebagian besar karena strukturnya yang sangat eklektik (filosofis). Meskipun secara analitis sering dianggap religius, mereka yang terlibat di dalamnya biasanya lebih memilih sebutan spiritual atau Pikiran, Tubuh, Jiwa dan jarang menggunakan istilah Zaman Baru sendiri. Banyak sarjana subjek menyebutnya sebagai gerakan Zaman Baru, meskipun yang lain menentang istilah ini dan menyarankan bahwa istilah ini lebih baik dilihat sebagai lingkungan atau zeitgeist (paradigma umum).



Sebagai bentuk esoterisme Barat, Zaman Baru sangat mengandalkan sejumlah tradisi esoterik (ajaran kelompok khusus; spiritual) yang lebih tua, khususnya yang muncul dari arus okultis (kegaiban, mistisisme) yang berkembang pada abad kedelapan belas dan kesembilan belas. Pengaruh okultis yang menonjol seperti itu termasuk karya Emanuel Swedenborg dan Franz Mesmer, serta gagasan Spiritualisme, Paradigma Baru, dan Teosofi. Sejumlah pengaruh pertengahan abad kedua puluh, seperti agama UFO tahun 1950-an, budaya tandingan (counterculture) tahun 1960-an, dan Gerakan Potensi Manusia, juga memberikan pengaruh yang kuat pada perkembangan awal Zaman Baru. Asal muasal fenomena ini masih diperdebatkan, tetapi ada kesepakatan umum bahwa fenomena ini menjadi gerakan besar pada tahun 1970-an, di mana saat itu sebagian besar berpusat di Inggris Raya. Itu berkembang dan tumbuh sebagian besar pada 1980-an dan 1990-an, khususnya di Amerika Serikat. Pada awal abad ke-21, istilah Zaman Baru semakin ditolak dalam lingkungan ini, dengan beberapa pakar berpendapat bahwa fenomena Zaman Baru telah berakhir.



Terlepas dari sifatnya yang sangat eklektik, sejumlah kepercayaan yang umumnya ditemukan di Zaman Baru telah diidentifikasi. Secara teologis, Zaman Baru biasanya mengadopsi keyakinan dalam bentuk ketuhanan holistik yang mengilhami seluruh alam semesta, termasuk manusia itu sendiri (bumi dan langit dan segala sesuatu yang ada diantara keduanya). Dengan demikian, ada penekanan kuat pada otoritas spiritual diri. Hal ini dibarengi dengan kepercayaan umum dalam berbagai macam entitas non-manusia semi-ilahi, seperti malaikat dan guru suci/gaib, yang dengannya manusia dapat berkomunikasi, terutama melalui bentuk channeling (saluran) (dalam tradisi Islam dapat merujuk pada fenomena tarekat).

Biasanya memandang sejarah manusia dalam pembagian usia yang berbeda, kepercayaan Zaman Baru yang umum adalah bahwa ketika umat manusia hidup di zaman kemajuan teknologi dan kebijaksanaan spiritual yang hebat, ia telah memasuki periode kemerosotan spiritual, yang akan diperbaiki melalui pembentukan Zaman Aquarius yang akan datang, dari mana lingkungan tersebut mendapatkan namanya. Ada juga fokus yang kuat pada penyembuhan, khususnya menggunakan bentuk pengobatan alternatif, dan penekanan pada gagasan bahwa spiritualitas dan sains dapat disatukan.



Berpusat terutama di negara-negara Barat, mereka yang terlibat dalam Zaman Baru sebagian besar berasal dari latar belakang kelas menengah ke atas (kaum yang tak lagi memikirkan kebutuhan pokok karena sudah terpenuhi kecuali kebutuhan spirituil). Tingkat keterlibatan New Agers (Pelaku New Age) dalam lingkungan sangat bervariasi, dari mereka yang mengadopsi sejumlah ide dan praktik New Age hingga mereka yang sepenuhnya merangkul dan mengabdikan hidup mereka untuk itu (dalam islam dapat merujuk pada sufisme). The New Age telah menuai kritik dari organisasi Kristen yang mapan serta komunitas Pagan dan pribumi modern. Sejak tahun 1990-an dan seterusnya, New Age menjadi subjek penelitian para akademisi studi agama.

Definisi

Fenomena New Age telah terbukti sulit untuk didefinisikan, [2] dengan banyak ketidaksepakatan ilmiah mengenai ruang lingkupnya. [3] Para sarjana Steven J. Sutcliffe dan Ingvild Sælid Gilhus bahkan telah menyatakan bahwa itu tetap "di antara kategori yang paling diperdebatkan dalam studi agama". [4]



Sarjana agama Paul Heelas menggolongkan Zaman Baru sebagai "sekumpulan keyakinan, praktik, dan cara hidup eklektik" yang dapat diidentifikasi sebagai fenomena tunggal melalui penggunaan bahasa yang "sama (atau sangat mirip) lakukan dengan kondisi manusia (dan planet) dan bagaimana hal itu dapat diubah. "[5] Demikian pula, sejarawan agama Olav Hammer menyebutnya sebagai" denominator umum untuk berbagai praktik dan kepercayaan populer kontemporer yang sangat berbeda "yang telah muncul sejak saat itu. akhir 1970-an dan "sebagian besar disatukan oleh tautan historis, wacana bersama, dan air de famille". [6] Menurut Hammer, Zaman Baru ini adalah "lingkungan kultus yang cair dan kabur". [7] Sosiolog agama Michael York menggambarkan Zaman Baru sebagai "istilah payung yang mencakup berbagai macam kelompok dan identitas" yang disatukan oleh "harapan mereka akan perubahan besar dan universal yang terutama didasarkan pada perkembangan individu dan kolektif dari potensi manusia. . "[8]



Sarjana agama Wouter Hanegraaff mengadopsi pendekatan yang berbeda dengan menyatakan bahwa "Zaman Baru" adalah "label yang melekat tanpa pandang bulu pada apa pun yang tampaknya cocok" dan sebagai akibatnya "berarti hal-hal yang sangat berbeda untuk orang yang berbeda". [9] Dengan demikian, ia menentang gagasan bahwa Zaman Baru dapat dianggap sebagai "ideologi yang bersatu atau Weltanschauung", [10] meskipun ia percaya bahwa hal itu dapat dianggap sebagai "'gerakan' yang kurang lebih bersatu." [11] Sarjana lain telah menyarankan bahwa Zaman Baru terlalu beragam untuk menjadi gerakan tunggal. [12] Sarjana agama George D. Chryssides menyebutnya "Zeitgeist kontra-budaya", [13] sedangkan sosiolog agama Steven Bruce menyarankan bahwa New Age adalah sebuah lingkungan; [14] Heelas dan sarjana agama Linda Woodhead menyebutnya "" lingkungan holistik ". [15]



Tidak ada otoritas pusat dalam fenomena Zaman Baru yang dapat menentukan apa yang dianggap sebagai Zaman Baru dan apa yang tidak. [16] Banyak dari kelompok dan individu yang secara analitis dapat dikategorikan sebagai bagian dari New Age menolak istilah New Age mengacu pada diri mereka sendiri. [17] Beberapa bahkan mengungkapkan permusuhan aktif terhadap istilah tersebut. [18] Daripada menyebut diri mereka New Agers, mereka yang terlibat dalam lingkungan ini umumnya menggambarkan diri mereka sebagai "pencari" spiritual, [19] dan beberapa mengidentifikasi diri sebagai anggota dari kelompok agama yang berbeda, seperti Kristen, Yudaisme, atau Budha. [20] Pada tahun 2003 Sutcliffe mengamati bahwa penggunaan istilah New Age adalah "opsional, episodik dan menurun secara keseluruhan", menambahkan bahwa di antara sedikit individu yang menggunakannya, mereka biasanya melakukannya dengan kualifikasi, misalnya dengan menempatkannya dalam tanda petik. [21] Akademisi lain, seperti Sara MacKian, berpendapat bahwa keragaman New Age membuat istilah itu terlalu bermasalah untuk digunakan para sarjana. [22] MacKian mengusulkan "spiritualitas sehari-hari" sebagai istilah alternatif. [23]



Sementara mengakui bahwa New Age adalah istilah yang bermasalah, sarjana agama James R. Lewis menyatakan bahwa itu tetap menjadi kategori etik yang berguna untuk digunakan para sarjana karena "Tidak ada istilah yang sebanding yang mencakup semua aspek gerakan." [24] Demikian pula , Chryssides berpendapat bahwa fakta bahwa "New Age" adalah "konsep teoritis" tidak "merusak kegunaan atau kemampuan kerja"; ia membuat perbandingan dengan "Hinduisme", "sepotong kosakata etik barat" serupa yang digunakan para sarjana agama meskipun ada masalah. [25]



Agama, Spiritualitas dan Esoterisme

Gerakan Zaman Baru adalah lingkungan kultus yang telah menjadi sadar akan dirinya sendiri, di akhir tahun 1970-an, sebagai sebuah "gerakan" yang kurang lebih bersatu. Semua manifestasi dari gerakan ini diwarnai oleh kritik budaya barat populer yang diekspresikan dalam istilah esoterisme sekuler.

- Sarjana esoterisme Wouter Hanegraaff, 1996 [11]

Dalam membahas Zaman Baru, para akademisi secara beragam mengacu pada "spiritualitas Zaman Baru" dan "agama Zaman Baru". [1] Mereka yang terlibat dalam New Age jarang menganggapnya sebagai "agama" —secara negatif mengasosiasikan istilah itu hanya dengan agama yang terorganisir — dan malah menggambarkan praktik mereka sebagai "spiritualitas". [26] Para sarjana studi agama, bagaimanapun, telah berulang kali menyebut lingkungan New Age sebagai "agama". [27] York menggambarkan Zaman Baru sebagai gerakan agama baru (NRM). [28] Sebaliknya, baik Heelas dan Sutcliffe menolak kategorisasi ini; [29] Heelas percaya bahwa sementara elemen Zaman Baru mewakili NRM, ini tidak berlaku untuk setiap kelompok Zaman Baru. [30] Demikian pula, Chryssides menyatakan bahwa Zaman Baru tidak dapat dilihat sebagai "agama" itu sendiri. [31]

The New Age juga merupakan salah satu bentuk esoterisme Barat. [32] Hanegraaff menganggap New Age sebagai sebuah bentuk dari "kritik budaya populer", di mana ia mewakili reaksi terhadap nilai-nilai dominan Barat dari agama Yahudi-Kristen dan rasionalisme, [33] menambahkan bahwa "Agama New Age merumuskan kritik semacam itu tidak secara acak, tetapi kembali pada "gagasan kelompok esoterik Barat sebelumnya. [10]



Zaman Baru juga telah diidentifikasi oleh berbagai sarjana agama sebagai bagian dari lingkungan pemujaan. [34] Konsep ini, yang dikembangkan oleh sosiolog Colin Campbell, mengacu pada jaringan sosial dari ide-ide yang terpinggirkan. Melalui marjinalisasi bersama dalam masyarakat tertentu, ide-ide yang berbeda ini berinteraksi dan menciptakan sintesis baru. [35]



Hammer mengidentifikasi sebagian besar Zaman Baru sesuai dengan konsep "agama rakyat" yang berupaya menangani pertanyaan eksistensial mengenai subjek seperti kematian dan penyakit dalam "cara yang tidak sistematis, seringkali melalui proses bricolage dari narasi dan ritual yang sudah tersedia. ". [6] York juga secara heuristik membagi Zaman Baru menjadi tiga tren besar. Yang pertama, kamp sosial, mewakili kelompok-kelompok yang terutama berusaha untuk membawa perubahan sosial, sedangkan yang kedua, kamp okultisme, malah berfokus pada kontak dengan entitas roh dan penyaluran. Kelompok ketiga York, kamp spiritual, mewakili jalan tengah antara dua kubu ini yang sebagian besar berfokus pada pengembangan individu. [36]



Terminologi

Istilah zaman baru, bersama dengan istilah terkait seperti era baru dan dunia baru, sudah lama mendahului munculnya gerakan Zaman Baru, dan telah digunakan secara luas untuk menyatakan bahwa cara hidup yang lebih baik bagi umat manusia akan segera dimulai. [37] Ini terjadi secara umum, misalnya, dalam konteks politik; Lambang Negara Amerika Serikat, yang dirancang pada tahun 1782, memproklamasikan "tatanan zaman baru", sedangkan pada tahun 1980-an Sekretaris Jenderal Soviet Mikhail Gorbachev menyatakan bahwa "seluruh umat manusia sedang memasuki zaman baru". [37] [perlu kutipan untuk verifikasi] [38] Istilah ini juga telah muncul dalam aliran pemikiran esoterik Barat, memiliki penggunaan yang tersebar dari pertengahan abad kesembilan belas dan seterusnya. [39] Pada tahun 1864, orang Swedia Swediaborgian Warren Felt Evans menerbitkan The New Age and its Message, sedangkan pada tahun 1907 Alfred Orage dan Holbrook Jackson mulai mengedit jurnal mingguan liberalisme dan sosialisme Kristen berjudul The New Age. [40] Konsep "zaman baru" yang akan datang yang akan diresmikan dengan kembalinya Yesus Kristus adalah tema dalam puisi Wellesley Tudor Pole (1884-1968) dan Johanna Brandt (1876-1964), [41] dan kemudian juga muncul dalam karya Teosofis Amerika kelahiran Inggris Alice Bailey (1880-1949), yang menonjol dalam judul-judul seperti Discipleship in the New Age (1944) dan Education in the New Age (1954). [41] Carl Jung sering menulis tentang "aeon / aion baru," yang menunjukkan pergeseran dari "bulan Platonis" Pisces ke bulan Aquarius. [42]



Antara tahun 1930-an dan 1960-an sejumlah kecil kelompok dan individu menjadi sibuk dengan konsep "Zaman Baru" yang akan datang dan secara mencolok menggunakan istilah tersebut. [43] Dengan demikian, istilah tersebut telah menjadi motif yang berulang dalam lingkungan spiritualitas esoteris. [44] Sutcliffe, oleh karena itu, mengungkapkan pandangan bahwa sementara istilah New Age pada awalnya adalah "lambang apokaliptik", hanya kemudian menjadi "tag atau kata sandi untuk idiom 'spiritual'". [45]

Anteseden (Sebelum Masa ini)

Sebagian besar kepercayaan yang menjadi ciri Zaman Baru sudah ada pada akhir abad ke-19, bahkan sedemikian rupa sehingga orang mungkin secara sah bertanya-tanya apakah Zaman Baru membawa sesuatu yang baru sama sekali.

- Sejarawan agama Wouter Hanegraaff, 1996 [55]

Menurut pakar Nevill Drury, Zaman Baru memiliki "sejarah yang nyata", [46] meskipun Hanegraaff mengungkapkan pandangan bahwa sebagian besar Zaman Baru "secara mengejutkan tidak mengetahui tentang akar sejarah sebenarnya dari kepercayaan mereka". [47] Demikian pula, Hammer berpikir bahwa "amnesia sumber" adalah "blok bangunan dari pandangan dunia Zaman Baru", dengan New Agers biasanya mengadopsi ide tanpa kesadaran dari mana ide-ide itu berasal. [48]



Sebagai bentuk esoterisme Barat, [49] Zaman Baru memiliki pendahulu yang membentang kembali ke Eropa selatan pada Zaman Kuno. [50] Menyusul Zaman Pencerahan di Eropa abad ke-18, gagasan esoterik baru berkembang sebagai tanggapan terhadap perkembangan rasionalitas ilmiah. Para sarjana menyebut tren esoteris baru ini sebagai okultisme, dan okultisme ini merupakan faktor kunci dalam perkembangan pandangan dunia darimana Zaman Baru muncul. [51]



Salah satu pengaruh paling awal pada Zaman Baru adalah seorang mistikus Kristen Swedia abad ke-18 Emanuel Swedenborg, yang mengakui kemampuan untuk berkomunikasi dengan malaikat, setan, dan roh. Upaya Swedenborg untuk menyatukan sains dan agama dan prediksinya tentang era yang akan datang secara khusus telah dikutip sebagai cara yang ia buat untuk menggambarkan Zaman Baru. [52] Pengaruh awal lainnya adalah pada akhir abad ke-18 dan awal abad ke-19 dokter dan ahli hipnotis Jerman, Franz Mesmer, yang mengklaim adanya kekuatan yang dikenal sebagai "magnet hewan" yang mengalir melalui tubuh manusia. [53] Pembentukan Spiritualisme, agama okultisme yang dipengaruhi oleh Swedenborgianisme dan Mesmerisme, di AS selama tahun 1840-an juga telah diidentifikasi sebagai pendahulu Zaman Baru, khususnya melalui penolakannya terhadap agama Kristen yang sudah mapan, klaimnya untuk mewakili pendekatan ilmiah untuk agama, dan penekanannya pada penyaluran entitas roh. [54]

Pengaruh besar selanjutnya pada New Age adalah Theosophical Society, sebuah kelompok okultisme yang didirikan bersama oleh Helena Blavatsky Rusia pada akhir abad ke-19. Dalam bukunya Isis Unveiled (1877) dan The Secret Doctrine (1888), Blavatsky mengklaim bahwa Serikatnya menyampaikan esensi dari semua agama dunia, dan dengan demikian menekankan fokus pada perbandingan agama. [56] Melayani sebagai jembatan parsial antara ide-ide Teosofi dan ide-ide Zaman Baru adalah ahli esoteris Amerika Edgar Cayce, yang mendirikan Asosiasi untuk Penelitian dan Pencerahan. [57] Pengaruh lain adalah Pemikiran Baru, yang berkembang pada akhir abad kesembilan belas New England sebagai gerakan penyembuhan berorientasi Kristen sebelum menyebar ke seluruh Amerika Serikat. [58] Pengaruh lain yang menonjol adalah psikolog Carl Jung. [59] Drury juga mengidentifikasi sebagai pengaruh penting pada Zaman Baru Swami Vivekananda India, seorang penganut filsafat Vedanta yang pertama kali membawa agama Hindu ke Barat pada akhir abad ke-19. [60]



Hanegraaff percaya bahwa pendahulu langsung Zaman Baru dapat ditemukan dalam agama-agama UFO tahun 1950-an, yang ia sebut sebagai "gerakan sebelum Zaman Baru". [61] Banyak dari gerakan keagamaan baru ini memiliki keyakinan apokaliptik yang kuat mengenai zaman baru yang akan datang, yang biasanya mereka nyatakan akan dibawa oleh kontak dengan makhluk luar angkasa. [62] Contoh dari kelompok tersebut termasuk Aetherius Society, didirikan di Inggris pada tahun 1955, dan Heralds of the New Age, didirikan di Selandia Baru pada tahun 1956. [63]

1960

Dari perspektif sejarah, fenomena Zaman Baru paling terkait dengan budaya tandingan tahun 1960-an. [64] Menurut penulis Andrew Grant Jackson, adopsi filsafat Hindu dan instrumentasi India George Harrison dalam lagu-lagunya dengan The Beatles pada pertengahan 1960-an, bersama dengan studi Meditasi Transendental yang dipublikasikan oleh band, "benar-benar memulai" Gerakan Potensi Manusia yang kemudian menjadi New Age. [65] Meskipun tidak umum di seluruh budaya tandingan, penggunaan istilah Zaman Baru dan Zaman Aquarius - digunakan untuk merujuk pada era yang akan datang - ditemukan di dalamnya, [66] misalnya muncul di iklan untuk festival Woodstock tahun 1969, [67] dan dalam lirik "Aquarius", lagu pembuka dari musikal 1967 Hair: The American Tribal Love-Rock Musical. [68] Dekade ini juga menyaksikan munculnya berbagai gerakan keagamaan baru dan agama-agama yang baru didirikan di Amerika Serikat, menciptakan lingkungan spiritual yang darinya New Age datang; ini termasuk San Francisco Zen Center, Transendental Meditation, Soka Gakkai, Inner Peace Movement, Church of All Worlds, dan Church of Satan. [69] Meskipun telah ada ketertarikan yang mapan pada gagasan agama Asia di AS setidaknya sejak abad kedelapan belas, [70] banyak dari perkembangan baru ini adalah varian dari Hindu, Budha, dan Sufisme, yang telah diimpor ke Barat dari Asia setelahnya. keputusan pemerintah AS untuk mencabut Asian Exclusion Act pada tahun 1965. [71] Pada tahun 1962 Institut Esalen didirikan di Big Sur, California. [72] Esalen dan pusat pertumbuhan pribadi serupa telah mengembangkan hubungan dengan psikologi humanistik, dan dari sini, gerakan potensi manusia muncul, sangat mempengaruhi Zaman Baru. [73]



Di Inggris, sejumlah kelompok agama kecil yang kemudian diidentifikasi sebagai gerakan "ringan" telah mulai menyatakan adanya zaman baru yang akan datang, yang sangat dipengaruhi oleh gagasan Teosofi Blavatsky dan Bailey. [74] Yang paling menonjol dari kelompok ini adalah Findhorn Foundation, yang mendirikan Findhorn Ecovillage di daerah Findhorn, Moray, Skotlandia pada tahun 1962. [75] Meskipun pendirinya berasal dari generasi yang lebih tua, Findhorn menarik semakin banyak baby boomer kontra-budaya selama tahun 1960-an, sejauh populasinya telah tumbuh enam kali lipat hingga c. 120 penduduk pada tahun 1972. [76] Pada bulan Oktober 1965, pendiri Findhorn, Peter Caddy, mantan anggota okultisme Rosicrucian Order Crotona Fellowship, menghadiri pertemuan berbagai tokoh terkemuka dalam lingkungan esoterik Inggris; diiklankan sebagai "Signifikansi Grup di Zaman Baru", acara ini diadakan di Attingham Park selama akhir pekan. [77]



Semua kelompok ini menciptakan latar belakang kemunculan gerakan Zaman Baru. Seperti yang ditunjukkan oleh James R. Lewis dan J. Gordon Melton, fenomena Zaman Baru mewakili "sintesis dari banyak gerakan dan alur pemikiran yang sudah ada sebelumnya". [78] Namun demikian, York menegaskan bahwa meskipun Zaman Baru memiliki banyak kesamaan dengan bentuk awal esoterisme Barat dan agama Asia, ia tetap "berbeda dari pendahulunya dalam kesadaran dirinya sendiri sebagai cara berpikir yang baru". [79]



Muncul dan berkembang: c. 1970–2000

Akhir 1950-an menjadi saksi gejolak pertama dalam lingkungan kultus kepercayaan akan zaman baru yang akan datang. Berbagai gerakan kecil muncul, berputar di sekitar pesan-pesan terungkap dari makhluk-makhluk di luar angkasa dan menghadirkan sintesis doktrin pasca-Teosofi dan doktrin esoterik lainnya. Gerakan-gerakan ini mungkin tetap marjinal, seandainya bukan karena ledakan budaya tandingan pada 1960-an dan awal 1970-an. Berbagai benang sejarah ... mulai bertemu: unsur-unsur doktrinal abad kesembilan belas seperti Teosofi dan esoterisme pasca-Teosofis serta pemikiran yang harmonis atau positif sekarang secara eklektik dikombinasikan dengan ... psikologi agama: psikologi transpersonal, Jungianisme dan berbagai ajaran Timur . Menjadi sangat mungkin bagi individu yang sama untuk berkonsultasi dengan I Ching, mempraktikkan astrologi Jung, membaca tulisan Abraham Maslow tentang pengalaman puncak, dll. Alasan penggabungan yang siap dari sumber-sumber yang berbeda adalah tujuan yang sama untuk mengeksplorasi individu dan sebagian besar non- Religiusitas Kristen.

- Sarjana esoterisme Olav Hammer, 2001 [80]



Pada awal 1970-an, penggunaan istilah New Age semakin umum dalam lingkungan kultus. [80] Ini karena — menurut Sutcliffe — "lambang" dari "Zaman Baru" telah diturunkan dari "pionir subkultural" dalam kelompok seperti Findhorn ke rangkaian yang lebih luas dari "generasi baby boomer kontra budaya" antara c. 1967 dan 1974. Dia mencatat bahwa ketika ini terjadi, arti dari istilah New Age berubah; sedangkan istilah itu pernah merujuk secara khusus pada era yang akan datang, pada titik ini istilah ini digunakan dalam arti yang lebih luas untuk merujuk pada berbagai kegiatan dan praktik spiritual. [81] Di bagian akhir tahun 1970-an, Zaman Baru berkembang mencakup berbagai keyakinan dan praktik spiritual dan religius alternatif, tidak semuanya secara eksplisit berpegang pada kepercayaan pada Zaman Aquarius, tetapi secara luas diakui secara luas serupa di pencarian mereka untuk "alternatif" untuk masyarakat arus utama. [82] Dengan melakukan itu, "Zaman Baru" menjadi panji untuk menyatukan "lingkungan kultus" yang lebih luas dari masyarakat Amerika. [49]



Kebudayaan tandingan tahun 1960-an telah menurun dengan cepat pada awal tahun 1970-an, sebagian besar karena runtuhnya gerakan komune, [83] tetapi akan banyak mantan anggota subkultur kontra-budaya dan hippie yang kemudian menjadi penganut awal dari gerakan Zaman Baru. [78] Asal muasal gerakan New Age tetap menjadi bahan perdebatan; Melton menegaskan bahwa ia muncul pada awal 1970-an, [84] sedangkan Hanegraaff malah menelusuri kemunculannya hingga akhir 1970-an, menambahkan bahwa ia kemudian memasuki perkembangan penuhnya pada 1980-an. [85] Bentuk awal dari gerakan ini sebagian besar berbasis di Inggris dan menunjukkan pengaruh yang kuat dari Teosofi dan Antropsafat. [82] Hanegraaff menyebut inti awal dari gerakan ini sebagai New Age sensu stricto, atau "Zaman Baru dalam arti sempit". [86]



Hanegraaff menyebut perkembangan yang lebih luas sebagai New Age sensu lato, atau "New Age dalam arti yang lebih luas". [86] Toko yang kemudian dikenal sebagai "Toko Zaman Baru" dibuka, menjual buku, majalah, perhiasan, dan kristal terkait, dan itu ditandai dengan permainan musik Zaman Baru dan bau dupa. [87] Hal ini mungkin memengaruhi beberapa toko. ribuan toko buku dan hadiah metafisika kecil yang semakin mendefinisikan diri mereka sebagai "toko buku Zaman Baru", [88] sementara judul Zaman Baru semakin tersedia dari toko buku arus utama dan kemudian situs web seperti Amazon.com. [89]



Tidak semua orang yang dikaitkan dengan fenomena Zaman Baru secara terbuka memeluk istilah Zaman Baru, meskipun istilah itu dipopulerkan dalam buku-buku seperti karya David Spangler tahun 1977, Revelation: The Birth of a New Age dan buku 1979 Mark Satin, New Age Politics: Healing Self and Masyarakat. [90] Buku Marilyn Ferguson 1982 The Aquarian Conspiracy juga telah dianggap sebagai karya penting dalam perkembangan Zaman Baru, mempromosikan gagasan bahwa era baru sedang muncul. [91] Istilah lain yang digunakan secara sinonim dengan New Age dalam lingkungan ini termasuk "Hijau", "Holistik", "Alternatif", dan "Spiritual". [92]



1971 menjadi saksi pendirian est oleh Werner H. Erhard, kursus pelatihan transformasional yang menjadi bagian penting dari gerakan awal. [93] Melton menyarankan bahwa tahun 1970-an menyaksikan pertumbuhan hubungan antara gerakan Zaman Baru dan gerakan Pemikiran Baru yang lebih tua, sebagaimana dibuktikan dengan meluasnya penggunaan A Course in Miracles (1975) karya Helen Schucman, musik Zaman Baru, dan penyembuhan kristal dalam Pemikiran Baru. gereja. [94] Beberapa tokoh dalam gerakan Pikiran Baru bersikap skeptis, menantang kompatibilitas perspektif Zaman Baru dan Pemikiran Baru. [95] Selama beberapa dekade ini, Findhorn telah menjadi tempat ziarah bagi banyak Zaman Baru, dan ukurannya sangat berkembang seiring orang bergabung dengan komunitas, dengan lokakarya dan konferensi yang diadakan di sana yang mempertemukan para pemikir Zaman Baru dari seluruh dunia. [96]



Beberapa peristiwa penting terjadi, yang meningkatkan kesadaran publik tentang subkultur New Age: penerbitan buku astrologi terlaris Linda Goodman Sun Signs (1968) dan Love Signs (1978); rilis buku Shirley MacLaine Out on a Limb (1983), kemudian diadaptasi menjadi serial mini televisi dengan nama yang sama (1987); dan penyelarasan planet "Konvergensi Harmonik" pada 16 dan 17 Agustus 1987, [97] yang diorganisir oleh José Argüelles di Sedona, Arizona. Konvergensi menarik lebih banyak orang ke dalam gerakan daripada peristiwa tunggal lainnya. [98] Heelas menyarankan bahwa gerakan tersebut dipengaruhi oleh "budaya perusahaan" yang didorong oleh pemerintah AS dan Inggris selama tahun 1980-an dan seterusnya, dengan penekanannya pada inisiatif dan kemandirian yang beresonansi dengan ide-ide Zaman Baru. [99]



Klaim penyalur Jane Roberts (Seth Material), Helen Schucman (A Course in Miracles), JZ Knight (Ramtha), Neale Donald Walsch (Conversations with God) (perhatikan bahwa Walsch menyangkal menjadi "penyalur" dan buku-bukunya membuatnya jelas bahwa dia bukan satu, meskipun teks muncul melalui dialog dengan bagian yang lebih dalam dari dirinya dalam proses yang sebanding dengan penulisan otomatis) berkontribusi pada pertumbuhan gerakan. [100] [101] Eksponen signifikan pertama dari gerakan Zaman Baru di AS disebut sebagai Ram Dass. [102] Karya inti dalam menyebarkan ide-ide Zaman Baru termasuk seri Seth Jane Roberts, diterbitkan dari 1972 dan seterusnya, [89] publikasi A Course in Miracles tahun 1975 karya Helen Schucman, [103] dan karya James Redfield 1993 The Celestine Prophecy. [104] Berbagai macam buku ini laris, dengan seri buku Seth misalnya terjual lebih dari satu juta eksemplar. [89] Melengkapi buku-buku ini adalah video, kaset audio, compact disc, dan situs web. [105] Perkembangan internet khususnya semakin mempopulerkan ide-ide Zaman Baru dan membuatnya lebih dapat diakses secara luas. [106]



Ide-ide New Age mempengaruhi perkembangan budaya rave di akhir 1980-an dan 1990-an. [107] Di Inggris selama 1980-an, istilah Wisatawan Zaman Baru mulai digunakan, [108] meskipun York mencirikan istilah ini sebagai "keliru yang dibuat oleh media". [109] Wisatawan Zaman Baru ini tidak ada hubungannya dengan Zaman Baru karena istilah tersebut digunakan secara lebih luas, [110] dengan sarjana agama Daren Kemp mengamati bahwa "Spiritualitas Zaman Baru bukanlah bagian penting dari budaya Wisatawan Zaman Baru, meskipun ada kesamaan antara dua pandangan dunia ". [111] Istilah New Age semakin banyak digunakan oleh media populer pada tahun 1990-an. [108]



Penurunan atau transformasi ?: 1990-sekarang

Pada akhir 1980-an, beberapa penerbit menghilangkan istilah New Age sebagai perangkat pemasaran. [112] Pada tahun 1994, sarjana agama Gordon J. Melton mempresentasikan makalah konferensi di mana dia berpendapat bahwa, mengingat bahwa dia tahu tidak ada yang menggambarkan praktik mereka sebagai "Zaman Baru" lagi, Zaman Baru telah mati. [113] Pada tahun 2001, Hammer mengamati bahwa istilah New Age semakin ditolak baik sebagai penghinaan atau tidak berarti oleh individu dalam lingkungan kultus Barat. [114] Dia juga mencatat bahwa dalam lingkungan ini ia tidak digantikan oleh alternatif apapun dan karena itu rasa identitas kolektif telah hilang. [114]



Sarjana lain tidak setuju dengan ide Melton; pada tahun 2004 Daren Kemp menyatakan bahwa "Zaman Baru masih sangat hidup". [115] Hammer sendiri menyatakan bahwa "gerakan Zaman Baru mungkin semakin berkurang, tetapi religiusitas Zaman Baru yang lebih luas ... tidak menunjukkan tanda-tanda menghilang". [116] MacKian menyatakan bahwa "gerakan" Zaman Baru telah digantikan oleh "sentimen Zaman Baru" yang lebih luas yang telah merambah "lanskap sosial-budaya" negara-negara Barat. [117] Difusi ke arus utama mungkin telah dipengaruhi oleh adopsi konsep Zaman Baru oleh tokoh-tokoh terkenal: Ibu Negara AS Nancy Reagan berkonsultasi dengan seorang astrolog, Putri Inggris Diana mengunjungi cenayang, dan Putri Norwegia Märtha Louise mendirikan sekolah yang dikhususkan untuk berkomunikasi dengan malaikat. [118] Toko-toko New Age terus beroperasi, meskipun banyak yang telah dipasarkan ulang sebagai "Pikiran, Tubuh, Jiwa". [119]



Pada tahun 2015, sarjana agama Hugh Urban berpendapat bahwa spiritualitas Zaman Baru tumbuh di Amerika Serikat dan diharapkan menjadi lebih terlihat: "Menurut banyak survei baru-baru ini tentang afiliasi agama, kategori 'spiritual tetapi bukan religius' adalah salah satu dari tren yang tumbuh paling cepat dalam budaya Amerika, sehingga sikap individualisme spiritual dan eklektisisme Zaman Baru mungkin akan semakin terlihat dalam beberapa dekade mendatang ". [120]



Sarjana Australia Paul J.Farrelly, dalam disertasi doktoralnya tahun 2017 di Australian National University, berpendapat bahwa, meskipun Zaman Baru mungkin menjadi kurang populer di Barat, sebenarnya sedang booming di Taiwan, di mana ia dianggap sebagai sesuatu yang relatif baru dan sedang berkembang. diekspor dari Taiwan ke Cina Daratan, sementara itu kurang lebih ditoleransi oleh pihak berwenang. [121] [dibutuhkan sumber yang lebih baik]



Beliefs and practices
Eclecticism and self-spirituality

Keyakinan dan praktik
Eklektisisme dan spiritualitas diri



The New Age sangat menekankan pada gagasan bahwa individu dan pengalaman mereka sendiri adalah sumber utama otoritas pada hal-hal spiritual. [122] Ini menunjukkan apa yang disebut Heelas sebagai "individualisme tanpa perantara", [123] dan mencerminkan pandangan dunia yang "sangat demokratis". [124] Ini menempatkan penekanan pada kebebasan dan otonomi individu. [125] Penekanan ini telah menyebabkan ketidaksepakatan etis; beberapa New Agers percaya membantu orang lain itu bermanfaat, meskipun pandangan lain adalah bahwa hal itu mendorong ketergantungan dan konflik dengan ketergantungan pada diri sendiri. [126] Namun demikian, dalam New Age, ada perbedaan dalam peran yang diberikan kepada suara otoritas di luar diri. [127] Hammer menyatakan bahwa "keyakinan akan keberadaan inti atau Jati diri" adalah "tema yang berulang" dalam teks New Age. [128] Konsep "pertumbuhan pribadi" juga sangat ditekankan di antara Zaman Baru, [129] sementara Heelas mencatat bahwa "bagi peserta, spiritualitas adalah hidup itu sendiri". [130]



Religiusitas Zaman Baru dicirikan oleh eklektisismenya. [131] Secara umum percaya bahwa tidak ada satu cara yang benar untuk mengejar spiritualitas, [132] New Agers mengembangkan pandangan dunia mereka sendiri "dengan menggabungkan potongan-potongan untuk membentuk campuran individu mereka sendiri", [133] mencari apa yang disebut Drury "spiritualitas tanpa batas atau batasan dogma ". [134] Antropolog David J. Hess mencatat bahwa dalam pengalamannya, sikap umum di antara New Agers adalah bahwa "setiap jalan spiritual alternatif adalah baik karena itu spiritual dan alternatif". [135] Pendekatan ini telah menghasilkan kecaman umum bahwa New Age merepresentasikan "spiritualitas supermarket". [136] York menyatakan bahwa eklektisisme ini berasal dari asal-usul New Age dalam kapitalisme modern akhir, dengan New Agers menganut kepercayaan pada pasar bebas ide spiritual sebagai paralel dengan pasar bebas dalam ekonomi. [137]



Sebagai bagian dari eklektisismenya, Zaman Baru menarik ide-ide dari banyak tradisi budaya dan spiritual yang berbeda dari seluruh dunia, sering kali melegitimasi pendekatan ini dengan merujuk pada "klaim yang sangat samar" tentang persatuan global yang mendasarinya. [138] Masyarakat tertentu biasanya lebih dipilih daripada yang lain; [139] contohnya termasuk Celtic kuno, Mesir kuno, Essenes, Atlantis, dan makhluk luar angkasa kuno. [140] Sebagaimana dicatat oleh Hammer: "terus terang, tidak ada juru bicara penting dalam komunitas Zaman Baru yang mengklaim mewakili kearifan Albania kuno, hanya karena kepercayaan mengenai orang Albania kuno bukan bagian dari stereotip budaya kita". [141] Menurut Hess, masyarakat kuno atau asing ini mewakili "Orang Lain" yang eksotis untuk New Agers, yang didominasi oleh orang Barat berkulit putih. [142]



Teologi, kosmogoni, dan kosmologi

Keyakinan pada keilahian merupakan bagian integral dari gagasan Zaman Baru, meskipun pemahaman tentang keilahian ini bervariasi. [143] Teologi Zaman Baru menunjukkan pendekatan inklusif dan universalistik yang menerima semua perspektif pribadi tentang ketuhanan sebagai sama-sama valid. [144] Ketidakjelasan yang disengaja mengenai sifat ketuhanan juga mencerminkan gagasan Zaman Baru bahwa keilahian tidak dapat dipahami oleh pikiran atau bahasa manusia. [145] Namun, literatur New Age menampilkan ciri-ciri yang berulang dalam penggambarannya tentang yang ilahi: yang pertama adalah gagasan bahwa ia holistik, sehingga sering dijelaskan dengan istilah-istilah seperti "Samudra Keesaan", "Roh Tak Terbatas", "Arus Primal", " Satu Esensi ", dan" Prinsip Universal ". [145] Ciri kedua adalah karakterisasi ketuhanan sebagai "Pikiran", "Kesadaran", dan "Kecerdasan", [146] sedangkan yang ketiga adalah deskripsi ketuhanan sebagai bentuk "energi". [147] Ciri keempat adalah karakterisasi ketuhanan sebagai "kekuatan hidup", yang intinya adalah kreativitas, sedangkan yang kelima adalah konsep bahwa ketuhanan terdiri dari cinta. [148]



Sebagian besar kelompok Zaman Baru percaya pada Sumber Tertinggi dari mana segala sesuatu berasal, yang biasanya digabungkan dengan yang ilahi. [149] Berbagai mitos penciptaan telah diartikulasikan dalam publikasi Zaman Baru yang menguraikan bagaimana Sumber Tertinggi ini menciptakan alam semesta dan segala isinya. [150] Sebaliknya, beberapa New Agers menekankan gagasan tentang keterkaitan universal yang tidak selalu berasal dari satu sumber. [151] Pandangan dunia Zaman Baru menekankan holisme dan gagasan bahwa segala sesuatu yang ada terhubung secara rumit sebagai bagian dari satu kesatuan, [152] dengan demikian menolak dualisme pembagian materi dan roh Yudeo-Kristen dan reduksionisme ilmu pengetahuan Cartesian. [153] Sejumlah New Agers telah mengaitkan interpretasi holistik alam semesta ini dengan hipotesis Gaia dari James Lovelock. [154] Ide tentang keilahian holistik menghasilkan kepercayaan Zaman Baru yang umum bahwa manusia sendiri pada dasarnya adalah ilahi, sebuah konsep yang dijelaskan menggunakan istilah-istilah seperti "tetesan keilahian", "Ketuhanan dalam", dan "diri ilahi". [155] Dipengaruhi oleh ide-ide Teosofis dan Antroposofis mengenai 'tubuh halus', [156] sebuah gagasan Zaman Baru yang umum berpegang pada keberadaan "Diri Yang Lebih Tinggi" yang merupakan bagian dari manusia tetapi terhubung dengan esensi ilahi dari alam semesta, dan yang dapat menasihati pikiran manusia melalui intuisi. [157]



Kisah penciptaan kosmogonik adalah umum dalam sumber-sumber Zaman Baru, [158] dengan catatan-catatan ini mencerminkan kerangka kerja holistik gerakan dengan menggambarkan kesatuan yang asli dan primitif dari mana semua hal di alam semesta berasal. [159] Tema umum tambahan adalah bahwa jiwa manusia - yang pernah hidup di dunia spiritual - kemudian turun ke dunia materi. [160] Gerakan Zaman Baru biasanya memandang alam semesta material sebagai ilusi yang bermakna, yang harus coba digunakan manusia secara konstruktif daripada fokus melarikan diri ke alam spiritual lain. [161] Oleh karena itu, dunia fisik ini dipandang sebagai "domain untuk pembelajaran dan pertumbuhan" yang setelah itu jiwa manusia dapat meneruskan ke tingkat keberadaan yang lebih tinggi. [162] Dengan demikian, terdapat keyakinan luas bahwa realitas terlibat dalam proses evolusi yang berkelanjutan; daripada evolusi Darwin, ini biasanya dilihat sebagai evolusi teleologis yang mengasumsikan proses menuju ke tujuan tertentu atau evolusi kreatif tanpa batas. [163]

Roh dan penyaluran

MacKian berpendapat bahwa elemen sentral, tetapi sering diabaikan, dari fenomena tersebut adalah penekanan pada "semangat", dan khususnya keinginan peserta untuk hubungan dengan roh. [165] Banyak praktisi dalam studinya yang berfokus di Inggris menggambarkan diri mereka sebagai "pekerja untuk roh", mengekspresikan keinginan untuk membantu orang belajar tentang roh. [166] Mereka memahami berbagai tanda material sebagai tanda kehadiran roh, misalnya penampilan bulu yang tidak terduga. [167] Para New Age sering menggunakan semangat ini untuk membantu mereka dalam situasi sehari-hari, misalnya, untuk memudahkan arus lalu lintas dalam perjalanan mereka ke tempat kerja. [168]



Literatur New Age sering mengacu pada makhluk roh non-manusia yang baik hati yang tertarik pada perkembangan spiritual manusia; ini secara beragam disebut sebagai malaikat, malaikat pelindung, pemandu pribadi, guru, guru, dan kontak. [169] Angelologi Zaman Baru bagaimanapun tidak sistematis, mencerminkan keistimewaan masing-masing penulis. [170] Sosok Yesus Kristus sering disebutkan dalam literatur Zaman Baru sebagai prinsip perantara antara keilahian dan kemanusiaan, serta teladan manusia yang maju secara spiritual. [171]



Meskipun tidak ada di setiap kelompok Zaman Baru, [172] keyakinan inti dalam lingkungan tersebut adalah penyaluran. [173] Ini adalah gagasan bahwa manusia, kadang-kadang (meskipun tidak selalu) dalam keadaan kesurupan, dapat bertindak "sebagai saluran informasi dari sumber selain diri mereka yang normal". [174] Sumber-sumber ini secara bervariasi dijelaskan sebagai Tuhan, dewa dan dewi, master yang naik, pemandu roh, makhluk luar angkasa, malaikat, dewa, tokoh sejarah, ketidaksadaran kolektif, unsur, atau roh alam. [174] Hanegraaff menggambarkan penyaluran sebagai bentuk "wahyu yang diartikulasikan", [175] dan mengidentifikasi empat bentuk: penyaluran trance, otomatisme, penyaluran clairaudient, dan penyaluran terbuka. [176]



Contoh yang menonjol dari penyaluran Zaman Baru termasuk klaim Jane Roberts bahwa dia dihubungi oleh entitas bernama Seth, dan klaim Helen Schucman untuk menyalurkan Yesus Kristus. [177] Akademisi Suzanne Riordan memeriksa berbagai pesan yang disalurkan Zaman Baru ini, mencatat bahwa pesan-pesan itu biasanya "bergema satu sama lain dalam nada dan isi", menawarkan analisis tentang kondisi manusia dan memberikan instruksi atau nasihat tentang bagaimana umat manusia dapat menemukan takdirnya yang sebenarnya. [ 178] Bagi banyak Zaman Baru, pesan-pesan yang disalurkan ini menyaingi kitab suci dari agama-agama utama dunia sebagai sumber otoritas spiritual, [179] meskipun sering kali Zaman Baru menggambarkan wahyu agama historis sebagai bentuk "penyaluran" juga, sehingga berusaha untuk melegitimasi dan mengotentikasi milik mereka sendiri. praktik kontemporer. [180] Meskipun konsep penyaluran dari entitas roh yang berbeda memiliki hubungan dengan Spiritualisme dan penelitian psikis, Zaman Baru tidak menampilkan penekanan Spiritualisme pada pembuktian keberadaan kehidupan setelah kematian, atau fokus penelitian psikis untuk menguji media untuk konsistensi. [181]



Siklus Astrologi dan Zaman Aquarius

Pemikiran New Age biasanya membayangkan dunia berkembang melalui siklus kosmologis yang dapat diidentifikasi secara astrologi. [182] Ini mengadopsi konsep ini dari Teosofi, meskipun sering menyajikannya dengan cara yang lebih longgar dan lebih eklektik daripada yang ditemukan dalam pengajaran Teosofi. [183] Literatur Zaman Baru sering mengklaim bahwa umat manusia pernah hidup di zaman kebijaksanaan spiritual. [184] Dalam tulisan New Agers seperti Edgar Cayce, periode kuno kebijaksanaan spiritual dikaitkan dengan konsep masyarakat yang sangat maju yang hidup di benua yang hilang seperti Atlantis, Lemuria, dan Mu, serta gagasan bahwa masyarakat kuno seperti masyarakat Kuno. Mesir jauh lebih maju secara teknologi daripada yang diterima oleh beasiswa modern. [185] Literatur Zaman Baru sering mengemukakan bahwa periode kuno kebijaksanaan spiritual memberi jalan kepada zaman kemunduran spiritual, kadang-kadang disebut Zaman Pisces. [184] Meskipun dicirikan sebagai periode negatif bagi kemanusiaan, literatur Zaman Baru memandang Zaman Pisces sebagai pengalaman belajar yang penting bagi spesies tersebut. [186] Hanegraaff menyatakan bahwa persepsi New Age tentang sejarah "sangat samar" dalam penggunaan deskripsi mereka, [186] mencerminkan sedikit minat dalam historiografi dan mencampurkan sejarah dengan mitos. [187] Dia juga mencatat bahwa mereka sangat etnosentris dalam menempatkan peradaban Barat di pusat perkembangan sejarah. [183]

Keyakinan umum di antara Zaman Baru adalah bahwa umat manusia telah memasuki, atau akan memasuki, periode baru yang dikenal sebagai Zaman Aquarius, [188] yang dicirikan oleh Melton sebagai "Zaman Baru cinta, kegembiraan, kedamaian, kelimpahan, dan harmoni [...] Zaman Keemasan yang sampai saat ini hanya diimpikan. "[189] Dalam menerima keyakinan ini di zaman baru yang akan datang, lingkungan tersebut digambarkan sebagai" sangat positif, merayakan, [dan] utopis ", [190] dan juga telah dikutip sebagai gerakan apokaliptik. [191] Pendapat tentang sifat kedatangan Zaman Aquarius berbeda di antara Zaman Baru. [192] Misalnya, ada perbedaan keyakinan tentang dimulainya; Penulis New Age David Spangler mengklaim bahwa hal itu dimulai pada tahun 1967, [193] yang lain memulai dengan Harmonic Convergence tahun 1987, [194] penulis José Argüelles memprediksikan dimulai pada tahun 2012, [195] dan beberapa percaya bahwa hal itu tidak akan dimulai sampai beberapa abad memasuki milenium ketiga. [196]



Ada juga perbedaan dalam cara membayangkan era baru ini. [197] Mereka yang menganut apa yang disebut Hanegraaff sebagai perspektif "moderat" percaya bahwa hal itu akan ditandai dengan perbaikan pada masyarakat saat ini, yang memengaruhi baik masalah Zaman Baru — melalui konvergensi sains dan mistisisme dan pendekatan global terhadap pengobatan alternatif — ke masalah yang lebih umum , termasuk diakhirinya kekerasan, kejahatan dan perang, lingkungan yang lebih sehat, dan kerjasama internasional. [198] Zaman Baru lainnya mengadopsi visi utopis penuh, percaya bahwa dunia akan sepenuhnya diubah menjadi "Zaman Cahaya", dengan manusia berkembang menjadi makhluk spiritual total dan mengalami cinta, kebahagiaan, dan kebahagiaan yang tidak terbatas. [199] Alih-alih menganggap Zaman Aquarius sebagai periode yang tidak terbatas, banyak yang percaya bahwa Zaman Aquarius akan berlangsung selama sekitar dua ribu tahun sebelum digantikan oleh zaman selanjutnya. [200]



Ada berbagai keyakinan dalam lingkungan tentang bagaimana zaman baru ini akan terjadi, tetapi kebanyakan menekankan gagasan bahwa ia akan didirikan melalui hak pilihan manusia; yang lain menyatakan bahwa itu akan didirikan dengan bantuan kekuatan non-manusia seperti roh atau makhluk luar angkasa. [201] Ferguson, misalnya, mengklaim bahwa ada pelopor manusia yang dikenal sebagai "konspirasi Aquarian" yang membantu memunculkan Zaman Aquarius melalui tindakan mereka. [202] Peserta di Zaman Baru biasanya mengungkapkan pandangan bahwa tindakan spiritual mereka sendiri membantu mewujudkan Zaman Aquarius, [203] dengan penulis seperti Ferguson dan Argüelles menampilkan diri mereka sebagai nabi yang mengantarkan era masa depan ini. [204]



Penyembuhan dan pengobatan alternatif

Unsur berulang lainnya dari New Age adalah penekanan pada penyembuhan dan pengobatan alternatif. [205] [206] Etos Zaman Baru yang umum adalah bahwa kesehatan adalah keadaan alami bagi manusia dan bahwa penyakit adalah gangguan keseimbangan alam itu. [207] Karenanya, terapi Zaman Baru berusaha menyembuhkan "penyakit" sebagai konsep umum yang mencakup aspek fisik, mental, dan spiritual; dalam melakukannya ia mengkritik pengobatan Barat arus utama karena hanya mencoba menyembuhkan penyakit, dan dengan demikian memiliki kesamaan dengan kebanyakan bentuk pengobatan tradisional. [208] Fokusnya pada spiritualitas diri telah mengarah pada penekanan pada penyembuhan diri, [209] meskipun ada juga ide-ide untuk menyembuhkan orang lain dan Bumi itu sendiri. [210]

Unsur penyembuhan dari gerakan ini sulit untuk diklasifikasikan mengingat berbagai istilah yang digunakan, dengan beberapa penulis Zaman Baru menggunakan istilah yang berbeda untuk merujuk pada tren yang sama, sementara yang lain menggunakan istilah yang sama untuk merujuk pada hal yang berbeda. [211] Namun, Hanegraaff mengembangkan serangkaian kategori di mana bentuk-bentuk penyembuhan Zaman Baru dapat dikategorikan secara kasar. Yang pertama adalah Gerakan Potensi Manusia, yang berpendapat bahwa masyarakat Barat kontemporer menekan banyak potensi manusia, dan karenanya mengaku menawarkan jalan di mana individu dapat mengakses bagian-bagian diri mereka yang telah mereka teralienasi dan ditekan, sehingga memungkinkan mereka untuk menjangkau mereka. potensi penuh dan menjalani kehidupan yang bermakna. [212] Hanegraaff menggambarkan psikologi transpersonal sebagai "sayap teoretis" dari Gerakan Potensi Manusia ini; berbeda dengan aliran pemikiran psikologis lainnya, psikologi transpersonal menganggap serius pengalaman religius dan mistik dengan mengeksplorasi penggunaan kondisi kesadaran yang berubah. [213] Berhubungan erat dengan ini adalah arus kesadaran perdukunan, yang berpendapat bahwa dukun adalah seorang spesialis dalam keadaan kesadaran yang berubah dan berusaha untuk mengadopsi dan meniru teknik perdukunan tradisional sebagai bentuk penyembuhan dan pertumbuhan pribadi. [214]



Hanegraaff mengidentifikasi arus penyembuhan utama kedua dalam gerakan Zaman Baru sebagai kesehatan holistik. Ini muncul pada 1970-an dari gerakan klinik gratis pada 1960-an, dan memiliki berbagai hubungan dengan Gerakan Potensi Manusia. [215] Ini menekankan gagasan bahwa individu manusia adalah hubungan holistik dan saling bergantung antara pikiran, tubuh, dan jiwa, dan penyembuhan adalah proses di mana seorang individu menjadi utuh dengan mengintegrasikan dengan kekuatan alam semesta. [216] Berbagai macam metode digunakan dalam gerakan kesehatan holistik, dengan beberapa yang paling umum termasuk akupunktur, reiki, biofeedback, chiropractic, yoga, kinesiologi terapan, homeopati, aromaterapi, iridologi, pijat, dan bentuk lain dari gerak tubuh, meditasi, dan visualisasi. , terapi nutrisi, penyembuhan psikis, pengobatan herbal, penyembuhan menggunakan kristal, logam, musik, terapi warna, dan terapi reinkarnasi. [217] Penggunaan penyembuhan kristal telah menjadi kiasan visual yang sangat menonjol di Zaman Baru; [218] praktik ini tidak umum dalam esoterisme sebelum diadopsi di lingkungan Zaman Baru. [219] Pengarusutamaan gerakan Kesehatan Holistik di Inggris dibahas oleh Maria Tighe. Hubungan antara kesehatan holistik dengan gerakan Zaman Baru diilustrasikan dalam deskripsi etnografi Jenny Butler tentang "Terapi Malaikat" di Irlandia. [206]



Ilmu Zaman Baru

Zaman Baru pada dasarnya adalah tentang pencarian perspektif spiritual dan filosofis yang akan membantu mengubah umat manusia dan dunia. New Agers bersedia untuk menyerap ajaran kebijaksanaan di mana pun mereka dapat menemukannya, baik dari seorang guru India, seorang pendeta Kristen yang memberontak, seorang biksu Buddha keliling, seorang psikoterapis yang berpengalaman atau seorang dukun Penduduk Asli Amerika. Mereka sangat ingin mengeksplorasi potensi batin mereka sendiri dengan tujuan untuk menjadi bagian dari proses transformasi sosial yang lebih luas. Perjalanan mereka menuju totalitas keberadaan.

- New Ager Nevill Drury, 2004 [220]

Menurut Drury, New Age mencoba untuk menciptakan "pandangan dunia yang mencakup sains dan spiritualitas", [46] sementara Hess mencatat bagaimana New Agers memiliki "kecenderungan untuk menyatukan teknis dan spiritual, ilmiah dan religius". [221] Meskipun Zaman Baru biasanya menolak rasionalisme, metode ilmiah, dan pendirian akademis, mereka menggunakan terminologi dan konsep yang dipinjam dari sains dan khususnya dari Fisika Baru. [222] Selain itu, sejumlah pengaruh terkemuka di New Age, seperti David Bohm dan Ilya Prigogine, memiliki latar belakang sebagai ilmuwan profesional. [223] Hanegraaff mengidentifikasi "ilmu Zaman Baru" sebagai bentuk Naturphilosophie. [224]



Dalam hal ini, lingkungannya tertarik untuk mengembangkan pandangan dunia yang bersatu untuk menemukan hakikat ketuhanan dan membangun dasar ilmiah untuk keyakinan religius. [223] Tokoh-tokoh dalam gerakan Zaman Baru — terutama Fritjof Capra dalam bukunya The Tao of Physics (1975) dan Gary Zukav dalam The Dancing Wu Li Masters (1979) —menarik kesejajaran antara teori-teori dalam Fisika Baru dan bentuk-bentuk mistisisme tradisional, sehingga memperdebatkan bahwa ide-ide religius kuno sekarang dibuktikan oleh sains kontemporer. [225] Banyak New Agers telah mengadopsi hipotesis Gaia James Lovelock bahwa Bumi bertindak mirip dengan organisme hidup tunggal, meskipun telah memperluas gagasan ini untuk memasukkan gagasan bahwa Bumi memiliki kesadaran dan kecerdasan. [226]



Terlepas dari daya tarik New Agers terhadap sains, sebagian besar lembaga akademis dan ilmiah menolak "sains Zaman Baru" sebagai sains semu, atau paling banter hanya ada sebagian di pinggiran penelitian ilmiah asli. [227] Ini adalah sikap yang juga dimiliki oleh banyak orang yang aktif di bidang parapsikologi. [228] Pada gilirannya, New Agers sering menuduh pendirian ilmiah mengejar pendekatan dogmatis dan kuno untuk penyelidikan ilmiah, [229] percaya bahwa pemahaman mereka sendiri tentang alam semesta akan menggantikan pemahaman pembentukan akademis dalam pergeseran paradigma. [222]



Etika dan Kehidupan Sesudah Mati

Tidak ada kohesi etis dalam fenomena Zaman Baru, [230] meskipun Hanegraaff berpendapat bahwa prinsip etis utama Zaman Baru adalah mengembangkan potensi ilahi sendiri. [231] Mengingat bahwa interpretasi holistik gerakan tentang alam semesta melarang kepercayaan pada dualistik baik dan jahat, [232] peristiwa negatif yang terjadi ditafsirkan bukan sebagai akibat dari kejahatan tetapi sebagai pelajaran yang dirancang untuk mengajar seseorang dan memungkinkan mereka untuk maju secara spiritual. [ 233] Ia menolak penekanan Kristen pada dosa dan rasa bersalah, percaya bahwa ini menimbulkan ketakutan dan dengan demikian negativitas, yang kemudian menghalangi evolusi spiritual. [234] Ini juga biasanya mengkritik menyalahkan dan menilai orang lain atas tindakan mereka, percaya bahwa jika seseorang mengadopsi sikap negatif ini membahayakan evolusi spiritual mereka sendiri. [235] Sebaliknya, gerakan tersebut menekankan pemikiran positif, meskipun keyakinan mengenai kekuatan di balik pemikiran tersebut bervariasi dalam literatur Zaman Baru. [236] Contoh umum Zaman Baru tentang bagaimana menghasilkan pemikiran positif seperti itu termasuk pengucapan berulang mantra dan pernyataan yang membawa pesan positif, [237] dan visualisasi cahaya putih. [238]



Menurut Hanegraaff, pertanyaan tentang kematian dan kehidupan setelah kematian bukanlah "masalah mendesak yang membutuhkan jawaban" di Zaman Baru. [239] Keyakinan pada reinkarnasi sangat umum, di mana ia sering dipandang sebagai bagian dari evolusi spiritual progresif seseorang menuju realisasi keilahian mereka sendiri. [240] Dalam literatur New Age, realitas reinkarnasi biasanya diperlakukan sebagai bukti dengan sendirinya, tanpa penjelasan mengapa praktisi memeluk keyakinan akhirat ini atas orang lain, [241] meskipun New Agers mendukungnya dengan keyakinan bahwa hal itu menjamin keadilan kosmik. [242] ] Banyak New Agers percaya pada karma, memperlakukannya sebagai hukum sebab dan akibat yang menjamin keseimbangan kosmik, meskipun dalam beberapa kasus mereka menekankan bahwa itu bukanlah sistem yang memaksakan hukuman untuk tindakan masa lalu. [243] Dalam banyak literatur Zaman Baru tentang reinkarnasi, diklaim bahwa bagian dari jiwa manusia, yang membawa kepribadian, binasa dengan kematian tubuh, sedangkan Diri Yang Lebih Tinggi - yang terhubung dengan keilahian - bertahan untuk terlahir kembali menjadi tubuh lain. [244] Diyakini bahwa Diri Yang Lebih Tinggi memilih tubuh dan keadaan di mana ia akan dilahirkan, untuk menggunakannya sebagai wadah untuk mempelajari pelajaran baru dan dengan demikian memajukan evolusi spiritualnya sendiri. [245] Oleh karena itu, penulis New Age terkemuka seperti Shakti Gawain dan Louise Hay mengungkapkan pandangan bahwa manusia bertanggung jawab atas peristiwa yang terjadi pada mereka selama hidup mereka, sebuah gagasan yang oleh banyak Zaman Baru dianggap sebagai pemberdayaan. [246] Kadang-kadang, regresi kehidupan lampau digunakan dalam Zaman Baru untuk mengungkapkan inkarnasi Jiwa Yang Lebih Tinggi sebelumnya, biasanya dengan tujuan penyembuhan eksplisit. [247] Beberapa praktisi mendukung gagasan tentang "kelompok jiwa" atau "keluarga jiwa", sekelompok jiwa yang terhubung yang bereinkarnasi bersama sebagai keluarga unit persahabatan. [248] Alih-alih reinkarnasi, kepercayaan akhirat lain yang ditemukan di kalangan New Agers berpendapat bahwa jiwa seseorang kembali ke "energi universal" pada kematian jasmani. [248]



Demografi

Pada awal abad kedua puluh satu ... [fenomena Zaman Baru] memiliki demografi kelas menengah yang hampir seluruhnya berkulit putih yang sebagian besar terdiri dari pekerjaan profesional, manajerial, seni, dan kewirausahaan.

- Sarjana studi agama Steven J. Sutcliffe [249]



Pada pertengahan 1990-an, Zaman Baru ditemukan terutama di Amerika Serikat dan Kanada, Eropa Barat, serta Australia dan Selandia Baru. [250] Fakta bahwa kebanyakan individu yang terlibat dalam aktivitas Zaman Baru tidak mendeskripsikan diri mereka sebagai "Zaman Baru" membuat sulit untuk menentukan jumlah total praktisi. [24] Heelas menyoroti berbagai upaya untuk menetapkan jumlah peserta Zaman Baru di AS selama periode ini, mencatat bahwa perkiraan berkisar antara 20.000 hingga 6 juta; dia percaya bahwa kisaran yang lebih tinggi dari perkiraan ini sangat dibesar-besarkan oleh, misalnya, asumsi yang salah bahwa semua orang Amerika yang percaya pada reinkarnasi adalah bagian dari Zaman Baru. [251] Namun demikian, dia menyarankan bahwa lebih dari 10 juta orang di AS pernah melakukan kontak dengan praktik atau gagasan Zaman Baru. [252] Antara 2000 dan 2002, Heelas dan Woodhead melakukan penelitian tentang Zaman Baru di kota Kendal, Inggris, Cumbria; mereka menemukan 600 orang secara aktif menghadiri kegiatan Zaman Baru setiap minggu, mewakili 1,6% dari populasi kota. [253] Dari sini, mereka memperkirakan bahwa sekitar 900.000 orang Inggris secara teratur mengambil bagian dalam kegiatan Zaman Baru. [254] Pada tahun 2006, Heelas menyatakan bahwa praktik Zaman Baru telah berkembang sedemikian rupa sehingga "semakin menyaingi pengaruh agama Kristen di lingkungan Barat". [255]



Penyelidikan sosiologis menunjukkan bahwa sektor masyarakat tertentu lebih mungkin terlibat dalam praktik Zaman Baru daripada yang lain. [256] Di Amerika Serikat, orang pertama yang memeluk Zaman Baru termasuk dalam generasi baby boomer, mereka yang lahir antara tahun 1946 dan 1964. [257]



Sutcliffe mencatat bahwa meskipun tokoh-tokoh Zaman Baru yang paling berpengaruh adalah laki-laki, [258] sekitar dua pertiga dari pesertanya adalah perempuan. [259] Proyek Kendal Heelas dan Woodhead menemukan bahwa dari mereka yang secara teratur menghadiri kegiatan Zaman Baru di kota, 80% adalah perempuan, sementara 78% dari mereka yang menjalankan kegiatan tersebut adalah perempuan. [260] Mereka menghubungkan dominasi perempuan ini dengan "nilai budaya yang mengakar kuat dan pembagian kerja" dalam masyarakat Barat, yang menurutnya perempuan diberi tanggung jawab lebih besar untuk kesejahteraan orang lain, sehingga membuat praktik Zaman Baru lebih menarik bagi mereka. [261] Mereka berpendapat bahwa pria kurang tertarik pada aktivitas Zaman Baru karena mereka dihalangi oleh "cita-cita maskulin tentang otonomi dan kemandirian" yang membuat mereka enggan mencari bantuan orang lain untuk perkembangan batin mereka. [262]



Mayoritas New Agers berasal dari kelas menengah ke atas di masyarakat Barat. [263] Heelas dan Woodhead menemukan bahwa dari Zaman Baru Kendal yang aktif, 57% memiliki gelar universitas atau perguruan tinggi. [264] Proyek Kendal mereka juga menetapkan bahwa 73% dari New Agers aktif berusia di atas 45, dan 55% berusia antara 40 dan 59; itu juga menentukan bahwa banyak yang terlibat saat paruh baya. [265] Relatif sedikit yang muda atau tua. [266] Heelas dan Woodhead menyatakan bahwa dominasi orang paruh baya, terutama wanita, karena pada tahap kehidupan ini mereka memiliki waktu yang lebih banyak untuk mencurahkan diri mereka sendiri, dengan waktu mereka sebelumnya didominasi oleh membesarkan anak. [267] Mereka juga menyarankan bahwa orang paruh baya mengalami lebih banyak penyakit yang berhubungan dengan usia daripada yang muda, dan dengan demikian lebih tertarik untuk mengejar aktivitas Zaman Baru untuk meningkatkan kesehatan mereka. [268]

Heelas menambahkan bahwa dalam baby boomer, gerakan tersebut tetap menarik banyak pelanggan. [269] Dia menggambarkan New Ager yang khas sebagai seseorang yang berpendidikan tinggi namun kecewa dengan masyarakat arus utama, dengan demikian menyatakan bahwa gerakan tersebut melayani mereka yang percaya bahwa modernitas sedang dalam krisis. [270] Dia menyarankan bahwa gerakan tersebut menarik banyak mantan praktisi kontra-budaya tahun 1960-an karena ketika mereka merasa bahwa mereka tidak dapat mengubah masyarakat, mereka tetap tertarik untuk mengubah diri. [271] Dia percaya bahwa banyak individu telah "secara budaya dipersiapkan untuk apa yang ditawarkan Zaman Baru", [272] dengan Zaman Baru menarik orang-orang "ekspresif" yang sudah nyaman dengan cita-cita dan pandangan fokus spiritualitas diri gerakan. [ 273] Ini bisa sangat menarik karena Zaman Baru sesuai dengan kebutuhan individu, sedangkan pilihan agama tradisional yang tersedia terutama memenuhi kebutuhan komunitas. [274] Dia percaya bahwa meskipun adopsi keyakinan dan praktik Zaman Baru oleh beberapa orang sesuai dengan model perpindahan agama, [275] orang lain yang mengadopsi beberapa praktiknya tidak dapat dengan mudah dianggap telah berpindah agama. [276] Sutcliffe menggambarkan peserta "khas" dalam lingkungan New Age sebagai "seorang individualis religius, mencampur dan mencocokkan sumber daya budaya dalam sebuah pencarian spiritual yang dianimasikan". [19]



Tingkat keterlibatan individu dalam New Age bervariasi. [277] Heelas berpendapat bahwa mereka yang terlibat dapat dibagi menjadi tiga kelompok besar; yang pertama terdiri dari mereka yang sepenuhnya berdedikasi pada hal itu dan cita-citanya, sering kali bekerja dalam profesi yang memajukan tujuan tersebut. Yang kedua terdiri dari "pekerja paruh waktu yang serius" yang bekerja di bidang yang tidak terkait tetapi menghabiskan sebagian besar waktu luang mereka untuk terlibat dalam kegiatan pergerakan. Yang ketiga adalah "pekerja paruh waktu biasa" yang kadang-kadang melibatkan diri mereka dalam kegiatan Zaman Baru tetapi bagi mereka gerakan itu bukan aspek sentral kehidupan mereka. [278] MacKian malah menyarankan bahwa keterlibatan bisa dilihat sebagai lapisan seperti bawang; pada intinya adalah praktisi "konsultatif" yang mengabdikan hidup mereka pada praktik Zaman Baru, di sekitarnya adalah praktisi "serius" yang masih menginvestasikan banyak upaya ke dalam aktivitas Zaman Baru, dan di pinggirannya adalah "konsumen non-praktisi", individu yang terpengaruh oleh penyebarluasan umum ide-ide Zaman Baru tetapi yang tidak mengabdikan diri mereka secara lebih penuh untuk itu. [279] Banyak praktik Zaman Baru telah menyebar ke masyarakat Barat yang lebih luas, dengan jajak pendapat tahun 2000, misalnya, mengungkapkan bahwa 39% populasi Inggris telah mencoba terapi alternatif. [280]



Pada tahun 1995, Kyle menyatakan bahwa secara keseluruhan, New Agers di Amerika Serikat lebih menyukai nilai-nilai Partai Demokrat daripada Partai Republik. Dia menambahkan bahwa sebagian besar Zaman Baru "dengan tegas menolak" agenda mantan Presiden Republik Ronald Reagan. [281]



Komunitas Sosial

MacKian menyatakan bahwa fenomena ini adalah "mode spiritualitas sosial yang inheren", yang menumbuhkan rasa memiliki di antara para pesertanya dan mendorong hubungan baik dengan manusia lain maupun dengan entitas roh non-manusia, dunia lain. [282] MacKian berpendapat bahwa komunitas ini "mungkin terlihat sangat berbeda" dari kelompok agama tradisional. [283]



Koneksi online adalah salah satu cara individu yang tertarik bertemu dengan kontak baru dan jaringan yang mapan. [284]



Aspek Komersial

Beberapa Zaman Baru menganjurkan hidup dengan cara yang sederhana dan berkelanjutan untuk mengurangi dampak kemanusiaan terhadap sumber daya alam Bumi; dan mereka menghindari konsumerisme. [285] [286] Gerakan Zaman Baru dipusatkan pada pembangunan kembali rasa komunitas untuk melawan disintegrasi sosial; ini telah dicoba melalui pembentukan komunitas yang disengaja, di mana individu berkumpul untuk hidup dan bekerja dalam gaya hidup komunal. [287] Pusat-pusat Zaman Baru telah didirikan di berbagai belahan dunia, mewakili bentuk gerakan yang dilembagakan. [288] Contoh penting termasuk Naropa Institute di Boulder, Colorado, Holly Hock Farm dekat Vancouver, Wrekin Trust di West Malvern, Worcestershire, dan Skyros Center di Skyros. [289] Mengkritik pendidikan arus utama Barat sebagai kontraproduktif terhadap etos gerakan, banyak kelompok Zaman Baru telah mendirikan sekolah mereka sendiri untuk pendidikan anak-anak, meskipun dalam kasus lain kelompok tersebut berusaha untuk memperkenalkan teknik spiritual Zaman Baru ke dalam pendirian yang sudah ada sebelumnya. [290 ]



Bruce berpendapat bahwa dalam upaya untuk "menyangkal keabsahan kontrol yang dipaksakan secara eksternal dan mengistimewakan yang ilahi di dalam", Zaman Baru berusaha untuk membongkar tatanan sosial yang sudah ada sebelumnya, tetapi gagal menyajikan sesuatu yang memadai sebagai gantinya. [291] Heelas, bagaimanapun, memperingatkan bahwa Bruce telah sampai pada kesimpulan ini berdasarkan "bukti tipis", [292] dan Aldred berpendapat bahwa hanya sebagian kecil dari Zaman Baru yang berpartisipasi dalam kegiatan yang berfokus pada komunitas; sebaliknya, dia menyatakan, mayoritas New Agers berpartisipasi terutama melalui pembelian buku dan produk yang ditargetkan pada pasar New Age, memposisikan New Age sebagai gerakan konsumeris dan komersial. [293]



Pameran dan festival

Spiritualitas New Age telah menghasilkan beragam literatur tentang subjek dan ceruk pasar yang aktif, dengan buku, musik, kerajinan, dan layanan dalam pengobatan alternatif yang tersedia di toko, pameran, dan festival New Age. [Rujukan?] Pameran New Age - kadang-kadang dikenal sebagai "Pameran Pikiran, Tubuh, Jiwa", "pameran psikis", atau "pameran kesehatan alternatif" - adalah ruang di mana berbagai barang dan jasa dipamerkan oleh vendor yang berbeda, termasuk bentuk pengobatan alternatif dan praktik esoterik seperti sebagai seni ramal tapak tangan atau membaca kartu tarot. [294] Contoh yang menonjol adalah Festival Jiwa Tubuh Pikiran, yang diadakan setiap tahun di Inggris Raya, [295] di mana - cendekiawan studi agama Christopher Partridge mencatat - orang dapat menemukan "berbagai keyakinan dan praktik mulai dari penyembuhan kristal hingga ... Kirlian fotografi hingga seni psikis, dari malaikat hingga terapi kehidupan lampau, dari Teosofi hingga agama UFO, dan dari musik Zaman Baru hingga vegetarianisme Suma Chign Hai. "[296] Festival serupa diadakan di seluruh Eropa dan di Australia dan Amerika Serikat. [297]



Pendekatan kemakmuran finansial dan bisnis

Sejumlah pendukung New Age telah menekankan penggunaan teknik-teknik spiritual sebagai alat untuk mencapai kemakmuran finansial, dengan demikian menjauhkan gerakan tersebut dari asal-usul kontra-budaya. [298] Mengomentari "kapitalisme Zaman Baru" ini, Hess mengamati bahwa itu sebagian besar berskala kecil dan kewirausahaan, berfokus di sekitar perusahaan kecil yang dijalankan oleh anggota borjuasi kecil, daripada didominasi oleh perusahaan multinasional berskala besar. [299] Kaitan antara New Age dan produk komersial telah menghasilkan tuduhan bahwa New Age itu sendiri tidak lebih dari sekadar manifestasi konsumerisme. [300] Ide ini umumnya ditolak oleh peserta New Age, yang sering menolak kaitan apa pun antara praktik mereka dan aktivitas konsumeris. [301]





Merangkul sikap ini, berbagai buku telah diterbitkan dengan mendukung etos tersebut, pusat-pusat Zaman Baru yang didirikan telah mengadakan retret spiritual dan kelas-kelas yang ditujukan khusus untuk para pebisnis, dan kelompok Zaman Baru telah mengembangkan pelatihan khusus untuk bisnis. [302] Selama 1980-an, banyak perusahaan AS terkemuka — di antaranya IBM, AT&T, dan General Motors — mengadakan seminar Zaman Baru, berharap mereka dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi di antara tenaga kerja mereka, [303] meskipun dalam beberapa kasus hal ini mengakibatkan karyawan melakukan tindakan hukum melawan majikan mereka, mengklaim bahwa seminar semacam itu telah melanggar keyakinan agama mereka atau merusak kesehatan psikologis mereka. [304] Namun, penggunaan teknik spiritual sebagai metode untuk mendapatkan keuntungan telah menjadi masalah besar dalam gerakan Zaman Baru yang lebih luas, [305] dengan Zaman Baru terkemuka seperti Spangler dan Matthew Fox mengkritik apa yang mereka lihat sebagai tren dalam komunitas itu. bersifat narsistik dan tidak memiliki kesadaran sosial. [306] Secara khusus, elemen komersial gerakan tersebut telah menimbulkan masalah karena sering bertentangan dengan etos umumnya secara ekonomi-egaliter; sebagaimana disoroti York, "ada ketegangan di New Age antara egalitarianisme sosialistik dan perusahaan swasta kapitalistik". [307]



Mengingat bahwa hal itu mendorong individu untuk memilih praktik spiritual atas dasar preferensi pribadi dan dengan demikian mendorong mereka untuk berperilaku sebagai konsumen, Zaman Baru telah dianggap sesuai dengan masyarakat modern. [308]



Musik

Istilah "musik era baru" diterapkan, kadang-kadang dengan cara yang merendahkan, ke bentuk musik ambient, sebuah genre yang berkembang pada tahun 1960-an dan dipopulerkan pada tahun 1970-an, terutama dengan karya Brian Eno. [309] Sifat santai genre ini membuatnya menjadi populer di kalangan New Age, [309] dengan beberapa bentuk genre yang secara spesifik berorientasi pada New Age. [310] Penelitian telah menentukan bahwa musik era baru dapat menjadi komponen yang efektif untuk manajemen stres. [311]



Gaya ini dimulai pada akhir 1960-an dan awal 1970-an dengan karya-karya kelompok jazz bentuk bebas yang direkam pada label ECM; seperti Oregon, Paul Winter Consort, dan band pra-ambien lainnya; serta pemain musik ambien Brian Eno, musisi avant-garde klasik Daniel Kobialka, [312] [313] dan rekaman lingkungan psikoakustik Irv Teibel. [314] Pada awal 1970-an, sebagian besar instrumental dengan gaya akustik dan elektronik. Musik era baru berevolusi untuk memasukkan berbagai gaya dari musik ruang angkasa elektronik menggunakan synthesizer dan instrumental akustik menggunakan seruling dan drum penduduk asli Amerika, mangkuk bernyanyi, didgeridoo Australia dan suara musik dunia hingga nyanyian spiritual dari budaya lain. [312] [313]



Politik

Sementara banyak komentator memusatkan perhatian pada aspek spiritual dan budaya dari gerakan Zaman Baru, ia juga memiliki komponen politik. Gerakan politik Zaman Baru mulai terlihat pada 1970-an, memuncak pada 1980-an, dan berlanjut hingga 1990-an. [315] Sosiolog agama Steven Bruce mencatat bahwa New Age memberikan gagasan tentang bagaimana menangani "masalah sosio-psikologis kita". [316] Sarjana agama James R. Lewis mengamati bahwa, meskipun karikatur Zaman Baru umum sebagai narsistik, "sejumlah besar" dari mereka "mencoba membuat planet ini menjadi tempat yang lebih baik untuk hidup," [317] dan sarjana J. Gordon New Age Encyclopedia Melton (1990) memasukkan entri yang disebut "Politik Zaman Baru". [318] Beberapa Zaman Baru telah memasuki sistem politik dalam upaya untuk mendukung transformasi masyarakat yang dipromosikan Zaman Baru. [319]



Ide ide

Meskipun aktivis Zaman Baru telah termotivasi oleh konsep Zaman Baru seperti holisme, keterkaitan, monisme, dan lingkungan, ide politik mereka beragam, [319] mulai dari sayap kanan dan konservatif hingga liberal, sosialis, dan libertarian. [137] Karenanya, Kyle menyatakan bahwa "Politik Zaman Baru sulit untuk dijelaskan dan dikategorikan. Label politik standar — kiri atau kanan, liberal atau konservatif — meleset dari sasaran." [319] MacKian menyarankan agar Zaman Baru beroperasi sebagai bentuk "dunia". -menyesuaikan infrapolitik "yang merongrong kekecewaan masyarakat Barat modern. [320]

Sejauh mana juru bicara Zaman Baru mencampurkan agama dan politik bervariasi. [321] New Agers sering mengkritik tatanan politik yang mapan, menganggapnya sebagai "terfragmentasi, tidak adil, hierarkis, patriarkal, dan usang". [319] The New Ager Mark Satin misalnya berbicara tentang "politik Zaman Baru" sebagai "kekuatan ketiga" yang radikal secara politik yang "tidak kiri atau kanan". Dia percaya bahwa berbeda dengan fokus politik konvensional pada "gejala kelembagaan dan ekonomi" dari masalah masyarakat, "Politik Zaman Baru" akan berfokus pada "akar psikokultural" dari masalah ini. [322] Ferguson menganggap politik Zaman Baru sebagai "semacam Pusat Radikal", yang "tidak netral, bukan di tengah jalan, tetapi pandangan keseluruhan jalan." [323] Fritjof Capra berpendapat bahwa masyarakat Barat telah menjadi sklerotik karena kepatuhan mereka pada pandangan lama dan mekanistik tentang realitas, yang ia sebut paradigma Newtonian / Cartesian. [324] Dalam pandangan Capra, Barat perlu mengembangkan "pandangan sistem" organik dan ekologis tentang realitas agar berhasil mengatasi masalah sosial dan politiknya. [324] Corinne McLaughlin berpendapat bahwa politik tidak perlu berkonotasi dengan perebutan kekuasaan yang tak ada habisnya, bahwa "politik spiritual" baru dapat mencoba untuk mensintesiskan pandangan yang berlawanan tentang suatu masalah ke dalam tingkat pemahaman yang lebih tinggi. [325]



Banyak New Agers mendukung globalisasi dan lokalisasi, tetapi menolak nasionalisme dan peran negara-bangsa. [326] Beberapa juru bicara New Age telah menyerukan desentralisasi yang lebih besar dan persatuan global, tetapi tidak jelas bagaimana hal ini dapat dicapai; yang lain menyerukan pemerintahan global dan terpusat. [327] Satin misalnya mengusulkan untuk menjauh dari negara-bangsa dan menuju wilayah dengan pemerintahan sendiri yang, melalui jaringan komunikasi global yang lebih baik, akan membantu melahirkan persatuan dunia. [328] Benjamin Creme sebaliknya berpendapat bahwa "Kristus," seorang Avatar yang agung, Maitreya, Guru Dunia, yang diharapkan oleh semua agama besar sebagai "Yang Ditunggu", akan kembali ke dunia dan membangun pemerintahan global yang kuat dan terpusat dalam bentuk Perserikatan Bangsa-Bangsa; ini akan diatur ulang secara politik di sepanjang hierarki spiritual. [329] Kyle mengamati bahwa New Agers sering berbicara positif tentang demokrasi dan keterlibatan warga dalam pembuatan kebijakan tetapi kritis terhadap demokrasi perwakilan dan aturan mayoritas, sehingga menampilkan ide-ide elitis dalam pemikiran mereka. [281]



Kelompok-kelompok

Para sarjana telah mencatat beberapa kelompok politik Zaman Baru. Penentuan Nasib Sendiri: Jaringan Pribadi / Politik, yang dipuji oleh Ferguson [330] dan Satin, [331] dijelaskan panjang lebar oleh sosiologi sarjana agama Steven Tipton. [332] Didirikan pada tahun 1975 oleh legislator negara bagian California John Vasconcellos dan lainnya, organisasi ini mendorong warga California untuk terlibat dalam pekerjaan pertumbuhan pribadi dan aktivitas politik pada saat yang sama, terutama di tingkat akar rumput. [333] Hanegraaff mencatat kelompok lain yang berbasis di California, Institute of Noetic Sciences, yang dipimpin oleh penulis Willis Harman. Ia menganjurkan perubahan kesadaran - dalam "asumsi dasar yang mendasarinya" - untuk mengatasi krisis global. [334] Kyle mengatakan bahwa organisasi Planetary Citizens yang berbasis di Kota New York, dipimpin oleh konsultan Perserikatan Bangsa-Bangsa dan penulis Earth at Omega, Donald Keys, berusaha menerapkan gagasan politik Zaman Baru. [335]



Sarjana J. Gordon Melton dan rekannya fokus pada New World Alliance, sebuah organisasi yang berbasis di Washington, DC yang didirikan pada tahun 1979 oleh Mark Satin dan lainnya. Menurut Melton et al., Aliansi mencoba menggabungkan ide sayap kiri dan kanan serta pekerjaan pertumbuhan pribadi dan aktivitas politik. Pengambilan keputusan kelompok difasilitasi oleh keheningan singkat. [336] Sponsor buletin politik nasional Aliansi termasuk Willis Harman dan John Vasconcellos. [337] Sarjana James R. Lewis menghitung "Politik hijau" sebagai salah satu aktivitas Zaman Baru yang lebih terlihat. [317] Sebuah buku akademis mengklaim bahwa gerakan Partai Hijau AS dimulai sebagai inisiatif dari segelintir aktivis termasuk Charlene Spretnak, rekan penulis "interpretasi 'zaman baru'" dari gerakan Hijau Jerman (Politik Hijau Capra dan Spretnak), dan Mark Satin, penulis New Age Politics. [338] Publikasi akademis lain mengatakan Spretnak dan Satin sebagian besar ikut menyusun dokumen pendiri Partai Hijau AS, pernyataan "Sepuluh Nilai Kunci". [339]



Di abad ke-21

Sementara istilah New Age mungkin tidak lagi disukai, [114] [341] sarjana George Chryssides mencatat bahwa New Age dengan nama apapun "masih hidup dan aktif" di abad ke-21. [13] Dalam ranah politik, buku New Ager Mark Satin Radical Middle (2004) menjangkau kaum liberal arus utama. [342] [343] York (2005) mengidentifikasi "juru bicara New Age" termasuk William Bloom, Satish Kumar, dan Starhawk yang menekankan hubungan antara spiritualitas dan kesadaran lingkungan. [344] Mantan staf Institut Esalen Stephen Dinan's Sacred America, Sacred World (2016) mendorong wawancara panjang Dinan di Psychology Today, yang menyebut buku itu sebagai "manifesto evolusi negara kita yang bersifat politis dan sangat spiritual". [345]



Pada tahun 2013 penulis New Age Marianne Williamson meluncurkan kampanye untuk mendapatkan kursi di Dewan Perwakilan Amerika Serikat, mengatakan kepada The New York Times bahwa jenis spiritualitasnya adalah yang dibutuhkan oleh politik Amerika. [346] "Amerika telah menyimpang dari pusat etikanya", katanya. [346] Mencalonkan diri sebagai calon independen di Los Angeles barat, ia menempati posisi keempat dalam pemilihan primer terbuka distriknya dengan 13% suara. [347] Pada awal 2019, Williamson mengumumkan pencalonannya untuk nominasi Partai Demokrat untuk presiden Amerika Serikat dalam pemilihan presiden Amerika Serikat 2020. [348] [349] Sebuah artikel sepanjang 5.300 kata tentang kampanye kepresidenannya di The Washington Post mengatakan dia memiliki "rencana untuk memperbaiki Amerika dengan cinta. Cinta yang kuat". [349] Pada Januari 2020, dia menarik kembali pencalonannya. [350]



Penerimaan

Media populer

Majalah arus utama cenderung kurang simpatik; sosiolog Paul Ray dan psikolog Sherry Anderson membahas dalam bukunya tahun 2000 The Cultural Creatives, apa yang mereka sebut media sebagai "semangat untuk menyerang" ide-ide New Age, dan menawarkan contoh esai Lance Morrow tahun 1996 di majalah Time. [341] Hampir satu dekade sebelumnya, Time telah menjalankan cerita sampul panjang yang kritis terhadap budaya Zaman Baru; sampulnya menampilkan foto seorang aktris terkenal di samping tajuk utama, "Om .... THE NEW AGE yang dibintangi Shirley MacLaine, penyembuh iman, penyalur, penjelajah luar angkasa, dan kristal yang berlimpah". [351] Ceritanya sendiri, oleh mantan editor Saturday Evening Post Otto Friedrich, diberi sub judul, "Campuran Spiritualitas dan Takhayul yang Aneh Menyapu Seluruh Negeri". [352] Pada tahun 1988, majalah The New Republic memuat empat halaman kritik terhadap budaya dan politik New Age oleh seorang jurnalis Richard Blow yang berjudul sederhana, "Moronic Convergence". [353]



Beberapa simpatisan New Agers dan New Age menanggapi kritik tersebut. Misalnya, simpatisan Ray dan Anderson mengatakan bahwa sebagian besar dari gerakan tersebut merupakan upaya untuk "menstereotipkan" gerakan untuk perubahan idealis dan spiritual, dan untuk mengurangi popularitasnya. [341] Ahli teori Zaman Baru David Spangler mencoba menjauhkan diri dari apa yang disebutnya "kemewahan Zaman Baru" berupa kristal, penyalur acara bincang-bincang, dan fenomena lain yang mudah dikomersialkan, dan berusaha menggarisbawahi komitmennya pada Zaman Baru sebagai visi transformasi sosial sejati . [354]

Akademisi

Awalnya, minat akademis di New Age sangat minim. [355] Studi akademis paling awal tentang fenomena Zaman Baru dilakukan oleh para spesialis dalam studi tentang gerakan keagamaan baru seperti Robert Ellwood. [356] Penelitian ini sering kali minim karena banyak sarjana menganggap New Age sebagai mode budaya yang tidak signifikan. [357] Karena telah dipengaruhi oleh gerakan anti-kultus AS, sebagian besar darinya juga sebagian besar bersifat negatif dan kritis terhadap kelompok Zaman Baru. [358] "Studi ilmiah pertama yang benar-benar" dari fenomena tersebut adalah volume yang diedit oleh James R. Lewis dan J. Gordon Melton pada tahun 1992. [355] Sejak saat itu, jumlah studi akademis yang diterbitkan terus meningkat. [355]



Pada tahun 1994, Christoph Bochinger menerbitkan studinya tentang Zaman Baru di Jerman, "New Age" und moderne Religion. [355] Ini diikuti oleh studi sosiologi Michael York pada tahun 1995 dan pekerjaan Richard Kyle yang berfokus di AS pada tahun 1995. [359] Pada tahun 1996, Paul Heelas menerbitkan sebuah studi sosiologis tentang gerakan di Inggris, menjadi orang pertama yang membahas hubungannya dengan bisnis. [360] Pada tahun yang sama, Wouter Hanegraaff menerbitkan New Age Religion and Western Culture, sebuah analisis sejarah teks-teks New Age; [361] Hammer kemudian menggambarkannya sebagai memiliki "reputasi yang layak sebagai karya referensi standar tentang New Age". [362 ] Sebagian besar studi awal ini didasarkan pada analisis tekstual dari publikasi New Age, bukan pada analisis etnografi para praktisi. [363]



Sutcliffe dan Gilhus berpendapat bahwa 'studi Zaman Baru' dapat dilihat sebagai mengalami dua gelombang; di gelombang pertama, para sarjana berfokus pada "analisis tingkat makro dari konten dan batas-batas" dari "gerakan", sedangkan gelombang kedua menampilkan "studi yang lebih beraneka ragam dan kontekstual tentang keyakinan dan praktik tertentu". [364] Sutcliffe dan Gilhus juga telah menyatakan keprihatinannya bahwa, pada 2013, 'studi Zaman Baru' belum merumuskan serangkaian pertanyaan penelitian yang dapat dikejar oleh para sarjana. [364] Zaman Baru telah membuktikan tantangan bagi para sarjana agama yang beroperasi di bawah model yang lebih formatif tentang apa itu "agama". [365] Pada tahun 2006, Heelas mencatat bahwa Zaman Baru begitu luas dan beragam sehingga tidak ada sarjana subjek yang dapat berharap untuk mengikuti semua itu. [366]



Perspektif Kristen

Kekristenan arus utama biasanya menolak ide-ide Zaman Baru, [367] Kritikus Kristen sering menekankan bahwa Zaman Baru menempatkan individu manusia di hadapan Tuhan. [368] Kritik yang paling dipublikasikan tentang Zaman Baru telah dihasilkan oleh orang-orang Kristen, terutama mereka yang berada di sayap fundamentalis agama. [369] Di Amerika Serikat, Zaman Baru menjadi perhatian utama kelompok-kelompok Kristen evangelis pada 1980-an, suatu sikap yang memengaruhi kelompok-kelompok evangelis Inggris. [370] Selama dekade itu, penulis evangelis seperti Constance Cumbey, Dave Hunt, Gary North, dan Douglas Groothuis menerbitkan buku yang mengkritik Zaman Baru; sejumlah teori konspirasi yang disebarkan mengenai asal dan tujuannya. [371] Publikasi yang paling sukses adalah novel Frank E. Peretti tahun 1986 This Present Darkness, yang terjual lebih dari satu juta eksemplar; itu menggambarkan Zaman Baru sebagai persekutuan dengan feminisme dan pendidikan sekuler sebagai bagian dari konspirasi untuk menggulingkan agama Kristen. [372]



Tanggapan resmi terhadap Zaman Baru telah dihasilkan oleh organisasi Kristen besar seperti Gereja Katolik Roma, Gereja Inggris, dan Gereja Metodis. [367] Gereja Katolik Roma menerbitkan Refleksi Kristen tentang Zaman Baru pada tahun 2003, setelah penelitian selama enam tahun; Dokumen setebal 90 halaman tersebut mengkritik praktik Zaman Baru seperti yoga, meditasi, feng shui, dan penyembuhan kristal. [373] [374] Menurut Vatikan, keadaan euforia yang dicapai melalui praktik Zaman Baru tidak boleh disamakan dengan doa atau dipandang sebagai tanda kehadiran Tuhan. [375] Kardinal Paul Poupard, presiden Dewan Kepausan untuk Kebudayaan, mengatakan "Zaman Baru adalah jawaban yang menyesatkan untuk harapan tertua manusia". [373] Monsinyur Michael Fitzgerald, presiden Dewan Kepausan untuk Dialog Antaragama saat itu, menyatakan pada konferensi Vatikan tentang dokumen itu: "Gereja menghindari konsep apa pun yang mirip dengan konsep di Zaman Baru". [376] Ada juga kelompok Kristen lain yang mengadopsi pandangan yang lebih positif tentang Zaman Baru, di antaranya Kristaquarians, dan Orang Kristen yang Membangkitkan Kesadaran Baru, yang semuanya percaya bahwa gagasan Zaman Baru dapat meningkatkan iman Kristen seseorang. [377]



Perspektif Pagan kontemporer

Praktik Neopagan menyoroti sentralitas hubungan antara manusia dan alam dan menemukan kembali agama-agama di masa lalu, sementara New Agers lebih tertarik untuk mengubah kesadaran individu dan membentuk masa depan.

- Sarjana studi agama Sarah Pike [106]



Masalah perdebatan akademis adalah tentang hubungan antara Zaman Baru dan Paganisme Modern, kadang-kadang disebut "Neo-paganisme". [378] Kedua fenomena ini sering membingungkan dan digabungkan, terutama dalam kritik Kristen. [379] Sarjana studi agama Sarah Pike menegaskan bahwa ada "tumpang tindih yang signifikan" antara dua gerakan keagamaan, [380] sementara Aidan A. Kelly menyatakan bahwa Paganisme "sejajar dengan gerakan Zaman Baru dalam beberapa hal, sangat berbeda dari gerakan lain, dan tumpang tindih. itu dalam beberapa cara kecil ". [381] Sarjana lain telah mengidentifikasi mereka sebagai fenomena berbeda yang berbagi tumpang tindih dan kesamaan. [382] Hanegraaff menyatakan bahwa sementara berbagai bentuk Paganisme kontemporer bukanlah bagian dari gerakan Zaman Baru - terutama yang sudah ada sebelum gerakan tersebut - agama dan praktik Pagan lainnya dapat diidentifikasi sebagai Zaman Baru. [383] Partridge menggambarkan Paganisme dan Zaman Baru sebagai aliran berbeda dari okultisme (budaya okultisme) yang bergabung di beberapa titik. [384]



Berbagai perbedaan antara kedua gerakan telah disorot; gerakan Zaman Baru berfokus pada masa depan yang lebih baik, sedangkan fokus Paganisme adalah pada masa lalu pra-Kristen. [385] Demikian pula, gerakan Zaman Baru biasanya mengajukan pesan universalis yang melihat semua agama pada dasarnya sama, sedangkan Paganisme menekankan perbedaan antara agama monoteistik dan mereka yang menganut teologi politeistik atau animistik. [385] Sementara Zaman Baru menekankan gambar yang berpusat pada terang, Paganisme mengakui baik terang maupun gelap, hidup dan mati, dan mengakui sisi biadab dari alam. [386] Banyak orang kafir berusaha menjauhkan diri dari gerakan Zaman Baru, bahkan menggunakan "Zaman Baru" sebagai penghinaan di dalam komunitas mereka, sementara sebaliknya banyak orang yang terlibat dalam Zaman Baru telah menyatakan kritik terhadap Paganisme karena menekankan dunia material di atas spiritual. [387 ] Banyak orang kafir telah menyatakan kritik atas biaya tinggi yang dikenakan oleh guru-guru Zaman Baru, sesuatu yang biasanya tidak ada dalam gerakan Pagan, [388] dengan beberapa orang Kafir mengucapkan kata "newage" berima dengan "sewage". [389] [klarifikasi diperlukan] Terlepas dari antipati mereka terhadap gerakan Zaman Baru, beberapa orang kafir sendiri telah dituduh melakukan perampasan budaya, seperti yang dijelaskan di bagian berikut.

Kritik non-Barat dan pribumi

New Age sering mengadopsi ide dan praktik spiritual dari budaya lain, terutama non-Barat. Ini mungkin termasuk "sihir Hawaiian Kahuna, pekerjaan mimpi Aborigin Australia, ayahuasca Amerindian Amerika Selatan dan upacara San Pedro, Ayurveda dan yoga Hindu, Feng Shui Cina, Qi Gong, dan Tai Chi" [390]



The New Age telah dituduh imperialisme budaya, menyalahgunakan upacara suci, dan eksploitasi kekayaan intelektual dan budaya masyarakat adat. [391] [392] [293] [393] Para pemimpin spiritual Pribumi Amerika, seperti dewan Penatua dari Lakota, Cheyenne, Navajo, Creek, Hopi, Chippewa, dan Haudenosaunee telah mengecam penyalahgunaan Zaman Baru atas upacara sakral mereka [394] dan kekayaan intelektual lainnya, [395] yang menyatakan bahwa "[t ] dia menghargai instruksi dan upacara ini [ketika dipimpin oleh orang yang tidak berwenang] patut dipertanyakan, mungkin tidak berarti, dan menyakitkan bagi individu yang membawa pesan palsu ". [394] Para pemimpin tradisional suku Lakota, Dakota, dan Nakota telah mencapai konsensus [391] [396] untuk menolak "perampasan cara-cara seremonial [mereka] oleh orang non-India". Mereka melihat gerakan Zaman Baru sebagai tidak sepenuhnya memahami, sengaja meremehkan, atau memutarbalikkan cara hidup mereka, [397] dan telah menyatakan perang terhadap semua "ahli pengobatan plastik" yang menggunakan cara spiritual mereka. [391] [396]



Para pemimpin adat telah berbicara menentang individu-individu dari dalam komunitas mereka sendiri yang mungkin pergi ke dunia untuk menjadi "dukun orang kulit putih," dan siapa saja "yang melacurkan cara spiritual kita untuk keuntungan mereka sendiri, tanpa memperhatikan sumur spiritual. -menjadi orang-orang secara keseluruhan ". [397] Istilah "dukun plastik" atau "orang obat plastik" telah diterapkan pada orang luar yang mengidentifikasi diri mereka sebagai dukun, orang suci, atau pemimpin spiritual tradisional lainnya, tetapi tidak memiliki hubungan yang tulus dengan tradisi atau budaya yang mereka klaim untuk mereka wakili. [392 ] [293] [398]



Penulis dan aktivis politik

Politik Zaman Baru mungkin dilihat bukan sebagai makhluk patologis yang patologis dari imajinasi Kiri Baru, tetapi sebagai politik yang tidak bersalah secara terus terang, mempertanyakan dialog dengan wilayah arus utama yang tidak diklaim dari individualisme progresif, bukan atomistik. Memang, jika kita mengkaji beberapa benang sosial dan politik yang mengalir melalui jalinan pemikiran Zaman Baru, kita akan menemukan tema-tema tertentu yang selaras dengan kondisi yang diperlukan untuk versi kiri dari individualisme progresif. Secara umum, New Age menyapa pengikutnya sebagai partisipan aktif, dengan ukuran kendali atas kehidupan sehari-hari mereka. ... "Pribadi" Zaman Baru juga dalam banyak hal adalah individu yang pertumbuhan pribadinya tidak dapat dipisahkan dari lingkungan; tautan yang disempurnakan dalam berbagai kisah dan romansa ekotopian. Jadi, juga, keharusan skala kecil komunitarianisme kooperatif New Age membawa serta sejumlah posisi yang berpotensi kritis. ...

- Sarjana studi budaya Andrew Ross, 1991 [399]



Menjelang akhir abad ke-20, beberapa analis dan aktivis sosial dan politik berpendapat bahwa perspektif politik Zaman Baru memiliki sesuatu untuk ditawarkan kepada masyarakat arus utama. [400] [401] [402] Pada tahun 1987, beberapa ilmuwan politik meluncurkan "Bagian tentang Politik Ekologi dan Transformasional" dari American Political Science Association, [403] dan sebuah buku akademis yang disiapkan oleh mereka bertiga menyatakan bahwa konsep "politik transformasional" dimaksudkan untuk memasukkan istilah-istilah seperti zaman baru dan paradigma baru. [404] Pada tahun 1991, sarjana studi budaya Andrew Ross menyarankan bahwa ide-ide politik Zaman Baru - betapapun kacau dan naifnya - dapat membantu kaum progresif membangun alternatif yang menarik untuk individualisme atomistik dan kolektivisme yang menyangkal diri. [405] Pada tahun 2005, peneliti Inggris Stuart Rose mendesak para sarjana agama alternatif untuk lebih memperhatikan minat Zaman Baru dalam topik seperti "pemikiran sosial-politik baru" dan "Ekonomi Baru", [406] topik yang dibahas Rose dalam bukunya Transforming the World: Bringing the New Age Into Focus, yang dikeluarkan oleh penerbit akademis Eropa. [407]



Pemikir dan aktivis politik lain melihat politik Zaman Baru kurang positif. Di sisi politik kanan, penulis George Weigel berpendapat bahwa politik Zaman Baru hanyalah versi kiriisme yang diperlengkapi ulang dan berwarna pastel. [408] Penulis evangelis konservatif Douglas Groothuis, yang dibahas oleh para sarjana Hexham [409] dan Kemp, [410] memperingatkan bahwa politik Zaman Baru dapat mengarah pada pemerintahan dunia yang menindas. [411] Di sisi kiri, para sarjana berpendapat bahwa politik Zaman Baru adalah sebuah oksimoron: bahwa pertumbuhan pribadi tidak ada hubungannya dengan perubahan politik. [412] [413] Seorang ilmuwan politik berkata bahwa politik Zaman Baru gagal mengenali realitas kekuatan ekonomi dan politik. [414] Akademisi lain, Dana L. Cloud, menulis kritik panjang lebar terhadap politik Zaman Baru sebagai ideologi politik; [415] ia menyalahkannya karena tidak menentang sistem kapitalis, atau individualisme liberal. [416]



Kritik terhadap New Age yang sering dibuat oleh kaum kiri adalah bahwa fokusnya pada individualisme mengalihkan peserta dari keterlibatan dalam aktivisme sosio-politik. [417] Perspektif ini menganggap New Age sebagai manifestasi konsumerisme yang mempromosikan elitisme dan kesenangan dengan memungkinkan orang yang lebih kaya untuk menegaskan status sosial ekonomi mereka melalui konsumsi produk dan terapi New Age. [418] New Agers yang terlibat dalam aktivisme sosial-politik juga dikritik. Jurnalis Harvey Wasserman menyatakan bahwa aktivis Zaman Baru terlalu menolak konflik sosial untuk menjadi efektif secara politik. [419] Melton dkk. menemukan bahwa komitmen aktivis Zaman Baru terhadap proses pengambilan keputusan konsensus yang sering kali membuat frustrasi mengarah pada "pertemuan yang diperpanjang dan hasil yang minimal", [336] dan sepasang futuris menyimpulkan bahwa satu kelompok aktivis Zaman Baru yang pernah menjanjikan adalah "juga" visioner dan terlalu kabur "untuk bertahan. [420]



https://en.wikipedia.org/wiki/New_Age#:~:text=New%20Age%20is%20a%20range,of%20its%20highly%20eclectic%20structure.

No comments:

ikuti blog ini

Follow My Blog

Popular Posts

KARYA KITA